Breaking News:

Berita Karangasem

Akan Dijadikan Cinderamata Pada Perhelatan G20, Menparekraf Pesan 120 Kain Tenun Desa Tenganan 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun Gringsing

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Menparekraf saat meninjau desa wisata Tenganan Pegringsingan yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 

TRIBUN BALI.COM, KARANGASEM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun Gringsing untuk dihadiahkan kepada para pemimpin dunia yang akan hadir pada perhelatan G20 di Bali tahun depan. 

Dari pesanan tenun ini dapat memperkerjakan satu desa untuk mengerjakannya. 

Pasalnya, selama pandemi Desa Tenganan Pegringsingan yang terkenal memiliki teknik tenun spesial tersebut tidak berproduksi lagi.

"Saya order 120 kain tenun untuk dikerjakan selama satu tahun, jadi tahun depan sudah siap ya untuk saya hadiahkan kepada para pemimpin dunia G20," ujar Menparekraf Sandiaga Uno, Jumat 24 September 2021 saat mengunjungi Desa Tenganan Pegringsingan yang masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik Indonesia 2021.

Pihaknya berharap semoga pesanan ini menjadi penyemangat Ibu-ibu penenun sekaligus bisa membantu para pengrajin disini.

Sandiaga Uno menegaskan, selama pandemi tidak hanya pengrajin di Desa Tenganan saja yang terdampak. 

Melainkan seluruh pengrajin juga terkena dampak dari pandemi, selain itu Bali yang juga mengandalkan wisatawan tentunya dampaknya akan terkena ke semua sektor termasuk pengrajin tenun di desa Tenganan. 

"Dampaknya memang sangat besar dan saya harapkan ini segera berakhir," imbuh Menparekraf Sandiaga Uno.

Bahkan dari informasi yang diterima Sandi, desa ini terkenal dengan tenun yang tekniknya hanya ada di 3 negara di dunia, yaitu Jepang, India dan Indonesia sehingga dapat dipastikan produksi kain tenun desa Tenganan sangat spesial dan terbaik. 

Salah satu perajin kain tenun, Susi menjelaskan permintaan Bapak Menteri tidak hanya membantu dirinya saja melainkan bisa membuat satu desa bergelora kembali. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved