Breaking News:

PON XX Papua

Bali Juara Umum Cabang Judo dengan Enam Emas, Tim Basket Putri Lolos  ke Semifinal

Pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan bagi tim judo Bali, mengingat pada PON sebelumnya perolehan medali tidak sebanyak di Papua.

Editor: DionDBPutra
Istimewa
Tim Judo Beregu Campuran PON Bali meraih medali emas keenam mengunci posisi Bali sebagai juara umum judo di PON XX Papua 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, MIMIKA - Tim judo Bali mengukuhkan posisinya sebagai juara umum dalam klasemen akhir cabang olahraga judo Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Bali mengumpulkan enam medali emas dan enam perunggu pada hari terakhir pertandingan cabang ini di Kota Timika, Minggu 3 Oktober 2021.

Pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan bagi tim judo Bali, mengingat pada PON sebelumnya perolehan medali yang didapat tidak sebanyak di Papua.

Baca juga: BRAVO! Tambah Satu Emas Beregu Campuran, Bali Juara Umum Judo PON XX Papua 2021

Baca juga: Inilah Lima Atlet Bali yang Sukses Meraih Medali Emas dari Cabang Judo

"Kami turun di PON Riau 2012 dapat dua emas, di PON Jawa Barat 2016 juga dapat dua. Dari sana kami serius berbenah pada atlet, kepengurusan, manajemen dan kepelatihan. Keseriusan ini kami lakukan sejak 2017," kata manajer tim judo Bali Agus Putra Adnyana dalam konferensi pers, Minggu 3 Oktober 2021.

Menurut Agus, pencapaian pada PON tahun ini sangat memuaskan karena tidak hanya melebihi target lima medali emas, tapi juga mengantongi gelar juara umum dengan bertengger pada posisi puncak klasemen hingga pertandingan judo berakhir.

Prestasi ini diraih bukan tanpa kesulitan, kata Agus. Timnya sempat mengalami kendala berat pada masa pandemi karena keterbatasan waktu dan biaya akibat terdampak pandemi Covid-19.

Judoka Bali Fania Farid (kanan) bertanding melawan judoka Jawa Barat Tiara Artha Gartia pada babak final nomor 78 kilogram putri cabang judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat 1 Oktober 2021.  Fania Farid menang.
Judoka Bali Fania Farid (kanan) bertanding melawan judoka Jawa Barat Tiara Artha Gartia pada babak final nomor 78 kilogram putri cabang judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat 1 Oktober 2021. Fania Farid menang. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

"Ada sisa waktu dari pelatnas sangat singkat untuk latihan, karena terhalang pandemi pada 2020. Kami nyaris istirahat satu tahun, kondisi Bali juga terpuruk di ekonomi, itu sangat jadi kendala. Tapi kerja keras atlet dan pelatih terbayarkan hari ini. Meski dengan keterbatasan, kami bisa juara," kata Agus.

Bali mengamankan medali emas keenam dari judo setelah keluar setelah mengalahkan DKI Jakarta pada final nomor beregu campuran dengan skor 4-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Graha Eme Neme Yauware.

Tuan rumah Papua harus puas dengan medali perak bersama dengan Jawa Barat. Keduanya menduduki peringkat ketiga setelah masing-masing mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah pada babak penentuan perunggu.

Lolos ke semifinal

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved