Breaking News:

Berita Denpasar

Pemprov Bali Kembali Perpanjang Diskon Pajak Kendaraan dan Pemutihan

Masa Pandemi Covid-19 membuat perekonomian Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata ikut merosot tajam akibat hal tersebut.

Penulis: Ragil Armando | Editor: Karsiani Putri
Ragil Armando
Suasana acara sosialisasi Kebijakan Strategis Gubernur Bali bertempat di kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali, pada Senin 4 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masa pandemi Covid-19 membuat perekonomian Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata ikut merosot tajam akibat hal tersebut.

Hal ini terlihat dari turunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang membuat realisasi anggaran di Bali merosot tajam.

Seperti diketahui, pada tahun 2020 PAD Bali tercatat terkontraksi 23,74 persen (yoy) atau menurun hingga Rp954,97 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan, realisasi APBD Bali hanya Rp5,45 triliun atau 89,38 persen dari pagu anggaran.

Nilai tersebut lebih rendah dari realisasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp6,64 triliun atau 102,25 persen dari pagu anggaran pendapatan 2019.

Di tengah kondisi pandemi yang masih berlanjut, dan kondisi ekonomi masyarakat Bali yang masih belum pulih maka Pemerintah Provinsi Bali mencoba mencari cara untuk menggenjot pendapatan dari berbagai sektor diluar pariwisata.

Salah satunya dengan kembali menggelorakan diskon pajak kendaraan. 

Bahkan, Pemprov Bali kembali memperpanjang program tersebut hinggai 17 Desember 2021 mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra didampingi Kepala Bapenda Bali, I Made Santha di Kantor Bapenda Bali, Denpasar, Senin 4 Oktober 2021 tadi. 

Dewa Indra mengatakan bahwa program diskon pajak tersebut sebenarnya sesuai yang tercantum dalam  Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2021 tentang Pembebasan Pokok Pajak Serta Penghapusan Sanksi Administratif Berupa Bunga dan Denda Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II telah berakhir pada 3 September 2021 lalu. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved