Breaking News:

Sempat Ramai di Medsos, Ketahui Fungsi Kode QR Dalam Buku Nikah

Unggahan video perihal buku nikah yang dilengkapi dengan kode QR belum lama ini ramai di media sosial TikTok.

Editor: Karsiani Putri
Istimewa/ Kompas
Unggahan video perihal buku nikah yang dilengkapi dengan kode QR belum lama ini ramai di media sosial TikTok. Salah satu akun yang mengunggah terkait buku nikah dengan kode QR tersebut yakni @haytiwi_. 

TRIBUN-BALI.COM- Unggahan video perihal buku nikah yang dilengkapi dengan kode QR belum lama ini ramai di media sosial TikTok.

Salah satu akun yang mengunggah terkait buku nikah dengan kode QR tersebut yakni @haytiwi_.

Unggahan video perihal buku nikah yang dilengkapi dengan kode QR belum lama ini ramai di media sosial TikTok. Salah satu akun yang mengunggah terkait buku nikah dengan kode QR tersebut yakni @haytiwi_.
Unggahan video perihal buku nikah yang dilengkapi dengan kode QR belum lama ini ramai di media sosial TikTok. Salah satu akun yang mengunggah terkait buku nikah dengan kode QR tersebut yakni @haytiwi_. (Istimewa/ Kompas)

Dalam unggahan video tersebut, selain terdapat narasi terkait kode QR atau barcode pada buku nikah, juga diperlihatkan bukti adanya kode QR pada halaman tanda tangan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA).

Melansir pemberitaan Kompas.com (15/6/2009), kode QR adalah sebuah kode matriks atau barcode dua dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave pada 1994.

QR merupakan kependekan dari quick response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons yang cepat.

Lantas apa fungsi kode QR pada buku nikah tersebut?

Penjelasan Kemenag terkait kode QR pada buku nikah Kasubdit Mutu, Sarana, Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Jajang Ridwan menjelaskan, fungsi adanya kode QR tersebut, yakni untuk memverifikasi data calon pengantin yang sudah tercatat di Simkah.

Penggunaan kode QR tersebut, imbuhnya sudah diterapkan sejak peluncuran Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) berbasis web pada 2019.

Selain itu, fungsi dari kode QR tersebut, yakni untuk mengecek keaslian buku nikah.

"Iya benar sekarang ada kode QR-nya. QR Code itu untuk memverifikasi data catin (calon pengantin) yang sudah tercatat di Simkah," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved