Breaking News:

Info Populer

Kerugian dan Cara Mengatasi NIK KTP yang Belum Terdaftar di Dukcapil

Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah nomor identitas penduduk yang tercantum pada KTP.NIK berlaku seumur hidup, dan diberikan oleh pemerintah

Editor: Karsiani Putri
tribunnews
ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah nomor identitas penduduk yang tercantum pada KTP.

NIK berlaku seumur hidup, dan diberikan oleh pemerintah serta diterbitkan oleh instansi yang ditunjuk setelah mereka melakukan pencatatan biodata.

Mengutip dari laman disdukcapil.pontianakkota.go.id, seluruh NIK yang dimiliki oleh warga negara Indonesia sudah seharusnya tercantum dalam Pusat Bank Data Kependudukan Nasional.

NIK menjadi kunci akses dalam SIAK untuk mengintegrasikan antara pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan pelayanan publik lainnya.

Kerugian ketika NIK tidak terdaftar di Dukcapil

Dilansir dari Dukcapil Kemendagri, NIK terkadang tak tercatat di Dukcapil nasional.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, umumnya terjadi karena karena ada data yang belum atau tidak diperbaharui dari data terakhir yang ada.

Nah, ketika NIK tak terdaftar di Dukcapil, masyarakat bisa mengalami banyak kerugian ketika akan mengurus keperluan di berbagai pelayanan publik.

Ketika NIK belum terdaftar di bank data nasional, maka pemilik NIK tak bisa mendaftar pekerjaan, mengurus keperluan menikah, mendaftar BPJS Kesehatan, membuka rekening bank, atau bahkan mengikuti Pemilu.

Untuk mengetahui status NIK valid atau tidak, Anda tak harus datang ke kantor Dukcapil.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved