Breaking News:

Berita Bali

Pembukaan Pariwisata Internasional di Bali, Okupansi Bisa Naik hingga 60 Persen

PEMBUKAAN pariwisata internasional merupakan momentum untuk recovery bagi sektor pariwisata Bali.

Istimewa
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira - Pembukaan Pariwisata Internasional di Bali, Okupansi Bisa Naik hingga 60 Persen 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PEMBUKAAN pariwisata internasional merupakan momentum untuk recovery bagi sektor pariwisata Bali.

Terlebih sudah banyak masyarakat Indonesia dan luar negeri yang tidak betah diam di rumah.

Director Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menerangkan, selama pandemi, mereka menghemat dengan tidak bepergian ke luar rumah.

Dana yang mereka simpan selama ini, khususnya bagi masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas, akan dipergunakan untuk liburan.

Baca juga: Angkasa Pura I Dukung Pemulihan Pariwisata Bali, Landing Fee Gratis bagi Rute Internasional

“Jadi ini akan ada booming kembali di sektor pariwisata. Adanya pelonggaran ini diharapkan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali. Di Agustus 2021 memang masih ada koreksi. Nah dengan adanya pembukaan ini proyeksinya sudah mulai ada perbaikan. Jadi kontraksinya tidak dalam, tidak sampai 20 persen,” katanya, Kamis 14 Oktober 2021.

Dia mengatakan, puncak kedatangan pengunjung ke Bali ada di musim Natal dan Tahun Baru.

Itu merupakan liburan puncak di negara-negara lain, khususnya di Eropa, Jepang, Amerika.

Hal ini, kata dia, akan memicu terjadinya pemulihan.

Jadi mulai beralih, perkiraannya walaupun terjadi penurunannya sangat kecil, kurang dari 2 sampai 3 persen di Desember 2021 secara year on year.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, bila dibandingkan dengan kondisi Juli 2021 serta Agustus 2020, kondisi kedatangan wisman ke Bali pada Agustus 2021 menunjukkan penurunan 100 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved