Breaking News:

Berita Badung

Program Jamkesda-KBS Akan Kembali Bisa Dinikmati Masyarakat Badung Pada Tahun 2022

Program pro rakyat, yakni Jaminan Kesehatan Daerah Kartu Badung Sehat (Jamkesda-KBS) akan kembali bisa dinikmati masyarakat di Badung.

TRIBUN BALI/I KOMANG AGUS ARYANTA
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Program pro rakyat, yakni Jaminan Kesehatan Daerah Kartu Badung Sehat (Jamkesda-KBS) akan kembali bisa dinikmati masyarakat di Badung.

Pasalnya pemerintah setempat sudah mengkoordinasikan terkait metode pembayaran yang sebelumnya tidak ada pada Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD).

Bahkan sesuai rencana Jamkesda-KBS itu bisa dimanfaatkan masyarakat tahun depan atau 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Jamkesda-KBS merupakan jaminan kesehatan tambahan yang mengcover biaya diluar tanggungan BPJS Kesehatan 

Kepala Dinas Kesehatan dr. Nyoman Gunarta saat dikonfirmasi Minggu 17 Oktober 2021 mengatakan upaya mengembalikan program tersebut sudah terus dilakukan.

Bahkan sudah berlangsung dari tahun 2020 lalu.

"Jadi, program KBS yang masih terhenti karena tidak masuk dalam SIPD. Kini program pro rakyat tersebut sudah menemukan rumus pelaporan datanya, setelah dilakukan koordinasi ke pusat," katanya.

Kedepan meski tidak masuk SIPD, pelaporan penggunaan biaya yang masuk ke belanja operasional Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) harus dijabarkan secara terperinci.

Seperti, belanja untuk penitipan jenazah harus terperinci berapa penitipan jenazah, berapa lama dititipkan, dan berapa biaya yang dikeluarkan. 

"Untuk menyusun itu kami harus melihat tren tiga tahun terakhir, dan pelaporannya harus terperinci tidak dengan pelaporan gelondongan untuk belanja KBS. Sebelumnya kan kita anggarkan gelondongan, untuk membackup semua yang tidak ditanggung BPJS itu," ucap mantan Dirut RSD Mangusada 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved