Breaking News:

Berita Denpasar

Aliansi Hindu Nusantara Gelar Aksi Damai Menolak Mahasabha XII PHDI

Aliansi Hindu Nusantara menggelar aksi damai di kawasan utara Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Senin 25 Oktober 2021.

TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Aksi damai Aliansi Hindu Nusantara di kawasan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Senin 25 Oktober 2021 - Aliansi Hindu Nusantara Gelar Aksi Damai Menolak Mahasabha XII PHDI 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Aliansi Hindu Nusantara menggelar aksi damai di kawasan utara Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Senin 25 Oktober 2021.

Adapun organisasi yang terlibat dan tergabung dalam aliansi ini yakni Amukti Palapa Nusantara (APN), Baladika, Brahmastra, Bramastra, Dekornas Puskor Hindunesia, Dekorwil Puskor Hindunesia, Kawula Nindihan Bali (KANIBAL).

Juga Keluarga Ajik Aura, Laskar Bali Sahti, Latenggiu, Padukuhan Budaireng, Pasraman Kayu Manis, Poros Muda Kemanusiaan, Pura Dalem Balangan, Puri Kesiman, Sandhi Murti, Swastika Bali, Team Hukum Nusa Bali, Warih Satara, Yayasan Jaringan Hindu Nusantara.

Selain itu, ada juga Yayasan Bima Sakti, Yayasan Dharma Murti Jembrana, Yayasan Giri Tohlangkir, serta Yayasan Mandala Suci.

Baca juga: Aksi Damai Aliansi BEM se-Bali Sampaikan Kritik Terhadap Pemerintah

Peserta aksi mulai melakukan aksi dari sisi timur Monumen Bajra Sandi.

Selanjutnya peserta aksi menuju ke depan Kantor Gubernur Bali dan Kantor DPRD Provinsi Bali.

Koordinator aksi, Wayan Supartha mengatakan, aksi ini dilakukan untuk menolak Mahasabha XII PHDI yang akan digelar di Jakarta pada 28 Oktober 2021 mendatang.

Selain itu, juga menolak sampradaya asing yang bernaung atas nama Hindu.

"Sehingga perlu gerakan menolak Sampradaya Asing tersebut sebagai bagian Hindu Bali/Nusantara, yang sampai saat ini masih bercokol di bumi Nusantara, maka moment pembersihan dan pemurnian PHDI menjadi bagian tangga perjuangan yang harus didukung, karena selama ini ternyata PHDI Pusat 2016 – 2021 merupakan tempat dimana terjadi pemahaman akan Hindu Bali/Nusantara yang keliru, dan cendrung menyesatkan umat," katanya.

Aksi damai Aliansi Hindu Nusantara ini, adalah wujud pemberian dukungan kepada PHDI Pusat 2021 – 2026 hasil Mahasaba Luar Biasa.

Pihaknya juga meminta pemerintah untuk mencegah Mahasaba XII.

Menurut Aliansi Hindu Nusantara Mahasaba ini tidak sah karena dilakukan pengurus demisioner.

Juga memohon Presiden untuk mempertimbangkan lagi agar tidak menghadiri atau membuka Mahasabha ini.(*).

Baca juga: AKSI Jokowi Turun dari Tempat Duduk Lalu Ikut Main Bola Bareng Jack Komboy di Pembukaan PON XX Papua

Kumpulan Artikel Denpasar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved