Breaking News:

Berita Bangli

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Bangli Dimajukan Dua Hari, Ini Penyebabnya

Mantan Kalaksa BPBD Bangli itu menambahkan jika hal serupa juga dilakukan kabupaten lain di Bali. Seperti Buleleng dan Gianyar

Istimewa
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat memimpin apel hari pahlawan. Pasca apel, bupati juga melakukan tabur bunga. Senin (8/11/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Peringatan hari pahlawan yang biasanya dilangsungkan tanggal 10 November, kini dimajukan pada hari Senin 8 November 2021.

Usut punya usut, dimajukannya peringatan hari pahlawan karena bertepatan dengan hari raya Galungan.

Upacara peringatan hari pahlawan digelar di Taman Makam Tugu Pahlawan Penglipuran, Kubu, Bangli.

Menurut Kadis Sosial Bangli, I Wayan Karmawan, pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan dimajukan karena pada tanggal 10 November bertepatan dengan hari raya Galungan.

Baca juga: Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bangli mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan

"Setelah kita lapor ke pimpinan dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi, itu bisa diatur sesuai dengan di Kabupaten. Sehingga kita di Bangli, setelah melapor ke pimpinan diberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan apel hari Pahlawan tanggal 8 November," jelasnya.

Mantan Kalaksa BPBD Bangli itu menambahkan jika hal serupa juga dilakukan kabupaten lain di Bali. Seperti Buleleng dan Gianyar.

"Ini sifatnya situasional. Kalau tidak bertepatan dengan Galungan, maka tidak etis. Namun karena sebagai umat beragama apalagi di Bali yang mayoritas beragama Hindu, makanya masih bisa dikoordinasikan. Jadi kita tidak memutuskan secara sepihak," ungkapnya.

Pelaksanaan apel peringatan Hari Pahlawan dipimpin langsung oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika beserta jajaran Forkompinda Bangli.

Peserta apel juga melibatkan jajaran TNI/Polri. Usai apel, Bupati bersama jajaran juga melakukan tabur bunga di makam Pahlawan setempat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved