Tenis

Emma Raducanu Memilih Pelatih Baru Setelah Tumbang di Austria

Demikian pengumuman petenis Inggris itu setelah tumbang pada pertandingan pembuka Linz Open di Austria, Selasa 8 November 2021.

Editor: DionDBPutra
AFP/TIMOTIUS A. CLARI
Petenisn Inggris Emma Raducanu saat melawan petenis AS Shelby Rogers pada putaran keempat tunggal putri turnamen Tenis AS Terbuka 2021 di New York, 6 September 2021. 

TRIBUN-BALI.COM - Juara grand slam US Open 2021, Emma Raducanu menunjuk Torben Beltz dari Jerman sebagai pelatih baru.

Demikian pengumuman petenis Inggris itu setelah tumbang pada pertandingan pembuka Linz Open di Austria, Selasa 8 November 2021.

Petenis berusia 18 tahun itu tidak memiliki pelatih sejak berpisah dengan Andrew Richardson dua pekan setelah secara mengejutkan menjuarai US Open pada September 2021, dia menjadi petenis kualifikasi pertama yang menjuarai turnamen besar.

Baca juga: Juergen Klopp Terinspirasi dan Mengagumi Petenis Remaja Emma Raducanu

Baca juga: Raducanu Akan Berlatih dengan Esteban Carril, Federer Terlempar dari 10 Besar Dunia

"Jelas suatu kehormatan besar bisa bekerja dengan pelatih berpengalaman seperti itu. Saya jelas amat bersemangat bekerja sama dengan dia sepanjang pramusim dan tahun depan," kata Raducanu yang menjadi unggulan teratas di Linz, kepada wartawan.

Dia takluk 6-1 6-7(0) 7-5 kepada petenis kualifikasi dari China, Wang Xinyu.

Dia mengaku antusias menunggu kerja sama dengan pelatih barunya itu nanti.

Beltz baru-baru ini berpisah dengan Angelique Kerber setelah mengantarkan mantan petenis nomor satu dunia itu meraih gelar Australian Open dan US Open pada tahun 2016.

"Dia jelas sudah bekerja baik dengan Kerber yang merupakan petenis hebat dan sudah melakukannya dengan baik sekali serta tiga kali menjuarai Slam dan saya pikir pengalaman itu pasti membantu orang yang tidak berpengalaman seperti saya …” tambah Raducanu seperti dikutip Reuters.

Pelatih berusia 44 tahun itu juga pernah melatih petenis Kroasia Donna Vekic dari 2017 sampai 2020 dengan membantunya menembus 20 besar sebelum bergabung kembali dengan Kerber tahun lalu.

Kalah melawan petenis China

Petenis non unggulan asal China, Wang Xinyu, membuat kejutan dalam Linz Open dengan mengalahkan juara US Open Emma Raducanu 6-1 6-7(0) 7-5 dalam pertandingan melelahkan untuk mengamankan tempat perempat final turnamen WTA 250 di Austria.

Kekalahan itu menutup musim yang menjadi terobosan Raducanu ketika dia menjuarai grand slam perdananya di Flushing Meadows pada September 2021.

Wang (20) memulai dengan awal yang baik dan merebut set pembuka hanya dalam waktu kurang dari setengah jam saat pengembalian-pengembalian akuratnya memaksa unggulan teratas itu melakukan sejumlah kesalahan.

Raducanu tidak mampu menandingi lawannya yang memenangkan lebih dari 85 persen poinnya pada servis pertamanya.

Petenis Inggris berusia 18 tahun itu merespons dengan baik pada set kedua dengan mematahkan servis pada game pertama menyusul kesalahan Wang sebelum petenis kualifikasi China berperingkat 106 dunia itu membalas dengan break saat kedudukan 3-4.

Namun demikian Raducanu mengalahkan Wang dalam tie-breaker dengan melancarkan sejumlah pukulan winner untuk memenangkan tujuh poin berturut-turut dan memaksa laga dilanjutkan ke set penentuan.

Dengan kedudukan 4-4 pada set ketiga, Raducanu yang hanya mengincar kemenangan ketiganya sejak menang di New York, harus memanggil pelatihnya karena cedera pada kaki kanannya.

Meskipun mengalami cedera, Raducanu tetap bertahan dengan menyelamatkan dua match point pada kedudukan 4-5 tetapi dikalahkan Wang yang melakukan break pada game ke-11 dan menutup pertandingan dengan servis akurat. Dmikian laporan Reuters. (antara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved