Breaking News:

Intip Lebih Dekat Sirkuit Mandalika, Punya 17 Tikungan, Hingga Aspal Berteknologi SMA

Sirkuit Mandalika yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia

Editor: M. Firdian Sani
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. 

TRIBUN-BALI.COM - Sirkuit Mandalika yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 12 November 2021.

Saat peresmian, Presiden Jokowi menjajal langsung lintasan atau trek di Sirkuit Mandalika.

Setelah menjajal langsung, Presiden Jokowi mengutarakan kesan pertamanya.

Dia tampak terkejut dengan tikungan-tikungan tajam di sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer tersebut.

YPBI Kembali Akan Gelar Event Sport Tourism Bali Boxing Day, Hadirkan 50 Partai Pertandingan

Menurut Presiden Jokowi, tikungan-tikungan tajam itu mungkin menjadi hal biasa bagi para pebalap profesional, tetapi tidak demikian untuk dirinya.

"Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya," tulis Presiden Jokowi saat mengawali ceritanya, 

"Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pebalap mungkin enggak ada masalah, tapi saya?" tulis Presiden Jokowi.

Jadwal dan Live Streaming WSBK Mandalika 2021, MGPA: Marshal Sudah Siap

Ada 17 Tikungan

Ya, sesuai cerita Presiden Jokowi, Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan dengan 11 tikungan ke kanan dan enam tikungan ke kiri.

Tikungan pertama Sirkuit Mandalika akan ditemui para pebalap setelah melakukan start lurus berjarak 507 meter.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved