Breaking News:

Berita Bali

Buka Acara UMKM dan Ekraf, Ketua Kadin : KADIN Indonesia Siapkan Program Bangkitkan UMKM

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid membuka acara pameran Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan industri kreatif

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid saat konferensi pers memberikan keterangan mengenai agenda Rapimnas KADIN Indonesia 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid membuka acara pameran Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan industri kreatif yang digelar di sepanjang lobi Uluwatu, BNDCC, Nusa Dua, Bali tempat Rapimnas Kadin 2021 berlangsung, Jumat (3 Desember 2021).

Acara pameran UMKM dan industri kreatif ini merupakan bagian dari Rapimnas KADIN Indonesia yang akan berlangsung dari 3 sampai 4 Desember 2021.

Pameran ini dibuka oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjidz dan Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia Anindya Bakrie didampingi tuan rumah acara, Ketua KADIN Bali Made Ariandi.

Dalam sambutannya saat membuka acara pameran tersebut, Arsjad Rasjid mengatakan, UMKM punya peran penting bagi perekonomian nasional.

Dibanding negara lain, UMKM kita punya potensi lebih besar untuk maju dan besar.

Baca juga: BPKP Gelar Klarifikasi Kasus Pengadaan Masker di Dinas Sosial

KADIN Indonesia mencoba membantu UMKM dan industri kreatif untuk menghadapi tantangan yang selama ini dihadapi seperti akses permodalan dan bahan baku, akses pemasaran dan juga untuk menembus pasar ekspor serta perluasan cakupan wilayah jangkauan melalui digitalisasi.

"KADIN Indonesia sudah memiliki beberapa program dan solusi konkret untuk mengatasi tantangan itu, di antaranya membuat WIKI UMKM yakni ekosistem yang menjadi tempat dan wadah diskusi, mencari solusi, pelatihan yang akan diluncurkan Februari mendatang," ujar Arsjad Rasjid.

Selain itu, lanjut Arsjad, KADIN Indonesia akan membantu menghubungkan UMKM dan industri kreatif Indonesia ke pasar luar negeri.

KADIN Indonesia juga akan meluncurkan platform satu atap bagi UMKM.

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri Peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi, Sebut Ada 3 Hal yang Jadi Perhatian

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved