Breaking News:

Berita Bali

Bahas Hindu Alukta, Yoga Segara Dikukuhkan jadi Guru Besar

Agama lokal, Hindu Alukta tidak mendapatkan pembinaan dan pelayanan dari negara.

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Harun Ar Rasyid
ist
I Nyoman Yoga Segara 

DENPASAR, TRIBUN BALI - Agama lokal, Hindu Alukta tidak mendapatkan pembinaan dan pelayanan dari negara.

Demikian dasar pemikiran I Nyoman Yoga Segara, saat mengangkat topik ini dalam kajian ilmiahnya untuk mencapai gelar professor.

Yoga Segara, sapaannya, dikukuhkan menjadi guru besar bidang Antropologi Budaya, Universitas Hindu Negeri IGB Sugriwa, pada Selasa 7 Desember 2021, di kampus pusat UHN IGB Sugriwa, Bangli.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul 'Menata Ulang Residu Kebijakan Negara terhadap Agama Lokal di Indonesia', Yoga Segara menarasikan soal agama lokal, yang disebut Hindu Alukta.

Mengawali orasi ilmiahnya, Yoga Segara memberi pengantar bahwa ia akan menjadikan Hindu Alukta di Tana Toraja sebagai pintu masuk untuk membuka dialektika.

Tentang bagaimana peran negara dan strategi bertahan penganut agama lokal, diskursus yang sampai saat ini masih hangat menjadi perbincangan publik.

Laporan penelitian dari Pusat Kehidupan Keagamaan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama, menyatakan bahwa jumlah pengama agama lokal dan sering pula disebut kepercayaan lokal cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia.

"Yang menarik, salah satu kesimpulan penelitian tersebut adalah mereka tidak mendapatkan pembinaan dan pelayanan yang maksimal dari negara, terutama pelayanan di bidang pencatatan sipil dan administrasi kependudukan seperti akta kelahiran, perkawinan, dan kematian," sebutnya dalam rilis yang diterima Tribun Bali.

Serta terutama belum mendapatkan rekognisi antar kepercayaan yang mereka anut. "Intinya, mereka menginginkan kesetaraan dengan agama resmi," imbuhnya.

Berdasarkan fakta itu, beberapa penganut kepercayaan lokal mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi RI.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved