Breaking News:

Berita Bangli

PPKM Level 3 Batal, Disdikpora Bangli Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat Soal Penerimaan Rapor Siswa

Kebijakan pengambilan rapor dan libur siswa semester I tahun pelajaran 2021/2022 hingga kini belum berubah, kendati PPKM level 3 telah dibatalkan.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Kepala Disdikpora Bangli, I Komang Pariarta 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Kebijakan pengambilan rapor dan libur siswa semester I tahun pelajaran 2021/2022 hingga kini belum berubah, kendati PPKM level 3 telah dibatalkan.

Pihak Disdik mengaku masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Kebijakan tersebut mengacu pada surat edaran Disdikpora Bangli nomor 420/5290/Disdikpora tertanggal 2 Desember.

Kepala Disdikpora Bangli, I Komang Pariarta, saat dikonfirmasi Rabu 8 Desember 2021 mengatakan, surat edaran ini dibuat berdasarkan Instruksi Mendagri No. 62 tahun 2021, serta Surat Edaran Kemendikbudristek No. 29 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca juga: Pemasangan 199 Tiang Lampu PJU Pucuk Bang di Bangli Target Rampung pada 23 Desember

"Jika sesuai kalender pendidikan, penerimaan rapor dilaksanakan tanggal 18 Desember. Namun karena ada Instruksi Mendagri serta Surat Edaran Kementerian, maka penerimaan rapor diundur menjadi tanggal 3 Januari."

"Libur yang sesuai kalender pendidikan tanggal 20 Desember sampai 2 Januari 2022, menjadi tanggal 4 Januari sampai tanggal 8 Januari," jelasnya didampingi Kabid Dikdas I Wayan Gede Wirajaya.

Lebih lanjut disampaikan, ada sembilan poin yang diamanatkan dalam Surat Edaran Disdikpora Bangli.

Selain poin tentang pengambilan rapor dan libur, beberapa poin di antaranya yakni tidak meliburkan secara khusus kegiatan pendidikan di satuan pendidikan selama pariode Nataru tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, Tidak memberikan cuti kepada pendidik dan tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara selama pariode Nataru tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

"Kepala satuan pendidikan juga wajib mengimbau kepada warga sekolah untuk tidak bepergian ataupun pulang kampung ke luar daerah dengan tujuan yang tidak primer/tidak mendesak selama periode Nataru," sebutnya.

Adapun kegiatan pendidikan selama masa Natal 2021 dan tahun baru 2022, lanjut Pariarta, diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.

Baca juga: Wayan Seneng Dibekuk Polisi Usai Curi Uang dari Kotak Sesari di 2 Pura Wilayah Kintamani Bangli

Mulai dari pengenalan dan penguatan profil Pancasila, Pesraman kilat, Penguatan pembelajaran hingga Pelaksanaan ekstrakulikuler terbatas.

"Termasuk juga kegiatan sosilaisasi seperti Pergub Bali No.97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai, Pergub Bali No.79 tahun 2018 tentang hari Penggunaan Busana Adat Bali, Pergub Bali No.80 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali," sebutnya. 

Sementara disinggung mengenai pembatalan PPKM level 3 yang sebelumnya akan diterapkan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pariarta mengaku pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

"Kami tetap menunggu, dan kami tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan di atas. Sebelum ada petunjuk, aturan, secara resmi yang ditembuskan atau ditujukan kepada kami, kami tidak berani untuk mengubah, mengambil kebijakan apapun diluar petunjuk dari pusat," tegasnya. (*)

Berita lainnya di Berita Bangli

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved