Breaking News:

Berita Bangli

Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Rawan Terjadi di Jalur Kintamani-Singaraja

Hal ini tidak terlepas dari kondisi jalan yang berada di daerah perbukitan, dan terdapat tebing di sisi kanan kirinya. Terutama di jalur utama Polsek

Istimewa
Pembersihan material pohon tumbang di jalur Kintamani-Singaraja, Senin (13/12/2021) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Jalur Kintamani-Singaraja, dinilai rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor saat memasuki musim hujan.

Hal ini tidak terlepas dari kondisi jalan yang berada di daerah perbukitan, dan terdapat tebing di sisi kanan kirinya. Terutama di jalur utama Polsek Kintamani.

Terbukti dalam empat hari terakhir, musibah pohon tumbang terjadi di jalur ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Kintamani I Ketut Erry Soena Putra, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Jadwal Libur Siswa Kembali ke Jadwal Semula, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Bangli Tetap Jalan

Seperti halnya, pada Senin (13/12/2021) lalu. Erry mengatakan sebuah pohon berukuran cukup besar di Utara Penulisan sebelum Pertigaan Lampu, Kintamani, tumbang melintang di jalan raya.

Hal yang sama juga terjadi, pada Selasa (14/12/2021) dini hari sekitar pukul 04.00 wita, longsor disertai pohon tumbang terjadi wilayah Kecamatan Kintamani, tepatnya di Desa Sukawana.

"Sesuai pengalaman dari tahun ke tahun, pada jalur ini kerap terjadi bencana pohon tumbang dan tanah longsor. Maklum topografinya berbukit dan banyak kayu hutan," ujarnya.

Beruntung dua kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa.

Sementara sebagai upaya antisipasi, Erry mengatakan pihaknya telah memasang sejumlah papan peringatan zona rawan bencana di sejumlah titik.

Ia juga mengimbau warga dan pengguna jalan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

"Sementara untuk antisipasi bencana, kita selalu adakan koordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Kinamani, Koramil, BPBD dan mandor jalan provinsi. Mengingat ruas jalan ini merupakan kewenangan dari Dinas PU Provinsi," tandasnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Bangli

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved