Breaking News:

Wisatawan Tembus 30 Ribu Orang/Hari, Kunjungan Tertinggi ke Bali Selama Pandemi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan agar Bali bersiap-siap

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana zona penjemputan terminal kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (14/12/2021) lalu. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan agar Bali bersiap-siap menghadapi peningkatan kunjungan seiring liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Ini mengingat Pulau Dewata menjadi destinasi liburan favorit wisatawan, khususnya wisatawan domestik pada saat ini, di tengah vakumnya kunjungan wisatawan mancanegara.

Baca juga: Polda Bali Siapkan 1.459 Personel Dalam Operasi Lilin 2021, Lakukan Pengamanan di Pintu Masuk Bali

Baca juga: Peruntungan Lahir Selasa Umanis Krulut, Hidup Mewah Umur 43 - 48 Tahun

“Data yang kami dapatkan, sekitar 30 ribu wisatawan domestik (wisdom) datang ke Bali per hari. Mulai minggu ini, (pelaku perjalanan) dari udara sekitar 15-20 ribu dan dari darat mencapai 15 ribu yang masuk ke Bali," kata Sandiaga dalam jumpa pers mingguan di Jakarta, Senin (20/12).

Menurut Menparekraf, data kunjungan wisatawan Nataru sebanyak itu diperoleh dari Wakil Ketua Bidang Budaya,  Lingkungan dan Humas PHRI Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.

"Beliau memprediksi, menjelang Natal dan Tahun Baru dari 13 ribu orang per hari minggu lalu, mulai pekan ini akan mencapai 15 sampai 20 ribu melalui udara. Dan yang dari darat juga kemungkinan sebanyak 15 ribu. Akan ada yang bawa mobil, banyak," imbuh Sandiaga Uno.

Baca juga: Polda Bali Siapkan 1.459 Personel Dalam Operasi Lilin 2021, Lakukan Pengamanan di Pintu Masuk Bali

Menurut Menparekraf Sandiaga, peningkatan kunjungan wisatawan domestik (wisdom) itu terjadi lantaran proses vaksinasi, proses penerapan protokol kesehatan, dan situasi Covid-19 yang terkendali telah memicu kebangkitan kembali ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga menyampaikan bahwa pada Jumat (17/12) tercatat 14 ribu orang (pax) yang datang ke Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Itu merupakan rekor jumlah kunjungan ke Bali lewat Bandara Ngurah Rai selama pandemi.

Didapatkan pula informasi dari Stakeholder Relations Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, bahwa jumlah penumpang saat libur Nataru akan meningkat sekitar 5 sampai 10 persen.

"Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan upaya terbaik menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kasus Covid-19 varian Omicron yang sudah terdeteksi di Indonesia. Langkah itu akan terus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat," imbuh Sandiaga Uno.

Otoritas bandara dan pelabuhan telah dimintanya untuk meningkatkan pengawasan kepada setiap pelaku perjalanan yang masuk ke Bali.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved