Breaking News:

Berita Badung

Puncak Arus Kedatangan Libur Nataru di Bandara Ngurah Rai Diprediksi Pada Pekan Depan

Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan terbaru terkait pengetatan aturan perjalanan orang dengan transportasi darat,

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Suasana terminal kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat, 24 Desember 2021 sore 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan terbaru terkait pengetatan aturan perjalanan orang dengan transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara, dan kereta api selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Aturan tersebut diberlakukan mulai hari ini 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Mulai diberlakukannya aturan ini berdampak pada trafik pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali hari ini khususnya di terminal kedatangan.

Baca juga: Cara Daftar JKP BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Dapat Uang Tunai Selama 6 Bulan Saat Kena PHK

Baca juga: Libur Nataru, Kapolda Bali Ingatkan Wisatawan untuk Lengkapi Vaksinasi

"Pantauan kami di lapangan kondisinya normal kalau kita lihat Jumat minggu ini tidak seramai trafik minggu lalu," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira.

Ia menambahkan kalau minggu ini trafik kedatangan hanya sekira 11 ribuan penumpang, kalau minggu lalu bisa lebih dari 12 ribu bahkan Jumat pekan lalu tembus 14 ribu lebih.

Kelihatannya penurunan ini, menurut Taufan mungkin dipicu oleh diberlakukannya aturan baru yang mana pengguna moda transportasi udara yang belum vaksin lengkap tidak dapat melakukan perjalanan.

"Mungkin atas dasar itulah kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali hari ini relatif normal. Sebelumnya kami menyampaikan puncak kedatangan domestik libur Nataru disekitar tanggal 23 atau 24 Desember, tapi kalau kami melihat kondisi ini kemungkinan bisa jadi puncaknya bukan di pekan ini tapi di minggu depan jelang libur Tahun Baru," papar Taufan.

Baca juga: Saat Nataru, Polda Bali Minta Lakukan Rapid Antigen Secara Random di Terminal Mengwi

Baca juga: Cara Daftar JKP BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Dapat Uang Tunai Selama 6 Bulan Saat Kena PHK

Diprediksikan puncak arus kedatangan wisatawan domestik melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan terjadi pada Kamis atau Jumat pekan depan menjelang libur tahun baru.

Tetapi prediksi peningkatan penumpang tidak terlalu tinggi masih dikisaran 5 sampai 10 persen.

"Pick-nya mungkin di minggu depan menjelang tahun baru, kalau kita lihat secara hitung-hitungan angka tidak akan tinggi. Paling sekitar 5 sampai 10 persen peningkatannya," imbuh Taufan.

Dari data Lalu Lintas Jalur Udara (LLJU) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, periode tanggal 1 - 23 Desember 2021 telah melayani sebanyak 525.733 penumpang dengan rata-rata harian mencapai 22.857 penumpang.

Jika dirinci total pergerakan penumpang domestik kedatangan dan keberangkatan 525.733, sebanyak 269.143 penumpang dilayani di terminal kedatangan dengan rata-rata harian 11.701 penumpang.

Sementara di terminal keberangkatan periode tersebut tercatat telah melayani sebanyak 256.590 penumpang, dengan rata-rata harian 11.156 penumpang.

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved