Breaking News:

Berita Karangasem

Hujan Deras Guyur Desa Benekasa, Karangasem, Senderan Pura Jebol Hingga Menghantam Rumah Warga

Hujan deras yang mengguyur Kab. Karangasem beberapa hari terakhir ini mengakibatkan senderan pura serta bale kulkul jebol hingga menimpa tembok rumah

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Harun Ar Rasyid
ist
BPBD Kab. Karangasem melakukan assesmen ke lokasi senderan pura yang jebol dan menimpa tembok rumah warga, Minggu (2/1/2022). 

AMLAPURA, TRIBUN BALI - Hujan deras yang mengguyur Kab. Karangasem beberapa hari terakhir ini mengakibatkan senderan pura serta bale kulkul jebol hingga menimpa tembok rumah penduduk, Jumat 31 Desember 2021.

Kejadian nahas terjadi di Benekasa, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem

Perbekel Muncan, Wayan Tunas, mengatakan, rumah yang kena longsoran senderan pura milik Nengah Sudarta. Jarak antara tembok rumah dan senderan cukup dekat.

Tiga kamar dekat senderan kena longsoran mengakibatkan isi di kamar tertimbun. Tidak ada korban dan luka.

"Pemicunya dikarenakan pondasi Bale kulkul ambles. Kondisi bale kulkul masih berdiri. Ambelesan senderan Bale Kulkul mengenai tembok kamar. Untungnya tidak ada orang dalam kamar. Isi dalam kamar tertimbun material,"ungkap I Wayan Tunas, Minggu 2 Januari 2022 siang kemarin.

Kepala BPBD Kab. Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, mendengar informasi petugas langsung ke lokasi melakukn assesment dan mengevakuasi material. Akibat kejadian tersebut, tembok penyengker pura, beserta bale kulkul, dan tiga kamar tidur mengalami kerusakan parah.

Baca juga: Dishub Bali Rencanakan Gelar Operasi Gabungan Tindak Taksi Online Ilegal

Baca juga: Turun dengan Skuad Muda, Ini 5 Fakta Membanggakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Baca juga: Penataan Habiskan Anggaran Rp 1,7 Miliar, Rest Area Goa Lawah Jadi Destinasi Wisata Baru Warga

Tembok penyengker yang ambruk panjangnya sekitar 8 meter.

Bale Kulkul Pura Dadia Arya Kubon Tubuh. Keerugian akibat kerusakan senderan pura diperkirakan capai 70 juta.

Sedangkan kerusakan tiga kamar milik warga diperkirakan mengalami kerugian sekitar 20 jutaan.

"Penyebabnya karena hujan deras. Untuk warga yang kamarnya jebol akibat terkena longsoran sementara mengungsi ke rumah saudaranya," tambah IB Ketut Arimbawa, mantan Kepala Bid. Pemadam Keebakaran, Dinas Perhubungan dan Damkar Kab. Karangasem.

Pejabat asal Singaraja mengatakan, BPBD Kab. Karangasem telag menyalurkan bantuan untuk korban yang terkena musibah. Penyerahan bantuannya diterima langsung korban yang terkena musibah. Disaksikan kepala wilayah. Bantuan yang diberikan berupa sembako & lainnya.

"Jenis bantuan yang diberikan BPBD Kab. Karangasem berupa terpal, matras, selimut, sembako, lauk pauk, & makanan tambahan gizi," tambah IB Arimbawa. Pihaknya berharap masyarakat tetap waspada dan berhati - hati. Cuaca di sekitar lokasi bersifat anomali, berubah - ubah.

Berita Karangasem Lainnya

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved