Piala AFF 2020

Turun dengan Skuad Muda, Ini 5 Fakta Membanggakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Predikat runner up merupakan takdir yang tidak bisa disangkal oleh timnas Indonesia pada perhelatan Piala AFF 2020.

Editor: Harun Ar Rasyid
Roslan RAHMAN / AFP
Members of Indonesia's team, (back row from L to R) Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga Santosa, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Dedik Setiawan, Nadeo Arga Winata, Asnawi Mangkualam Bahar, (front row L to R) Egy Mualana Vikri, Witan Sulaeman, Ramai Melvin Rumakiek, Pratama Arhan Alif Rifai and Ricky Richardo Kambuaya, pose for a picture before the second leg of the AFF Suzuki Cup 2020 football final match between Thailand and Indonesia at the National Stadium in Singapore on January 1, 2022. 

TRIBUN-BALI.COM  - Predikat runner up merupakan takdir yang tidak bisa disangkal oleh timnas Indonesia pada perhelatan Piala AFF 2020.

Garuda hanya mampu bermain imbang 2-2 kontra Thailand pada laga leg kedua babak final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu 1 Januari 2022 malam WITA. 

Meskipun gagal menjadi kampiun kompetisi terbaik di kawasan Asia Tenggara tersebut, penampilan pasukan Shin Tae-yong sepanjang turnamen telah sukses mencuri hati para pecinta sepak bola.

Sejumlah fakta di bawah ini menjadi bukti bahwa Asnawi Mangkualam dkk telah berjuang maksimal pada Piala AFF 2020.
Pertama, timnas Indonesia berhasil menjadi juara grup pada babak penyisihan.

Sepuluh poin hasil dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang saat bermain 0-0 dengan Vietnam menjadi torehan manis di babak grup.

Pertama,  kemenangan penting atas Malaysia (4-1) menjadi penentu kelolosan Tim Garuda dengan status juara grup.

Kedua, fakta selanjutnya adalah bahwa tim nasional Indonesia menjadi tim paling produktif sepanjang turnamen Piala AFF ini digelar.

Gol-gol Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri pada laga leg kedua final malam ini menggenapi torehan gol timnas Indonesia di turnamen yang terpusat di Singapura tersebut menjadi 20 gol.

Torehan 20 gol dari delapan pertandingan tersebut menjadikan Indonesia mencetak dua gol lebih banyak dari tim juara, Thailand.

Ketiga, timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Thailand lebih dari satu gol dalam satu pertandingan di Piala AFF 2020.

Sebelum leg kedua babak final dimainkan, tercatat hanya Filipina yang sanggup mencuri gol ke gawang Thailand. Kendati demikian, Tim Gajah Perang sukses menekuk Filipina 2-1.

Tim sekelas Vietnam pun tak sanggup membuat gol ke gawang Thailand.

Dalam dua kali bentrokan yang mempertemukan Vietnam dan Thailand di babak semifinal, para pemain dari tim dengan peringkat FIFA tertinggi dari semua kontestan di Piala AFF ini dipaksa mandul.

Fakta berikut adalah hanya Indonesia yang sanggup membuat Thailand tertinggal lebih dahulu saat menjalani laga-laga di Piala AFF 2020.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved