Breaking News:

Berita Karangasem

Pelaksanaan Karya Usaba, Pemedek Mulai Tangkil ke Pura Dalem Puri Karangasem

Untuk sarana dan prasarananya telah dipersiapkan panitia sejak dua hari yang lalu. Sedangkan pemedek yang akan tangkil atau sembahyang sudah mulai

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
ilustrasi - Suasana di Pura Dalam Puri, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Minggu (26/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Rangkaian Usaba Pura Dalem Puri di Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem telah dimulai.

Untuk sarana dan prasarananya telah dipersiapkan panitia sejak dua hari yang lalu. Sedangkan pemedek yang akan tangkil atau sembahyang sudah mulai berdatangan.

Bandesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiarta, mengatakan, Minggu (2/1/2022) bertepatan dengan Redite Pon Tambir yakni Nedunan Ida Bhatara. Prosesi berjalan lancar.

"Rangkaian Usaba Dalem Puri, Minggu (2/1/2022), Nedunan Ida Bhatara. Acaranya berjalan lancar," ungkap Jro Mangku.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Desa Benekasa, Karangasem, Senderan Pura Jebol Hingga Menghantam Rumah Warga

Lalu dilanjutkan Katuran Ayaban selama selama 4 hari di Pura Dalem Puri  Besakih. Dari tanggal 3 Januari sampai 6 Januari 2022.

Puncak Usaba dilaksanakan tanggal 7 Januari 2022. Sedangkan untuk penyineban  dilakukan 8 Januari 2022, bertepatan hari saniscara wage tambir.

"Semoga upacara berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Untuk arus lalu lintasnya dilakukan rekayasa dikarenakan masih proses pembangunan di Pura Besakih. Untuk areal parkir sementara diarahkan ke rumah pribadi," imbuh Jro Mangku.

Makna Usaba Dalem Puri yakni ungkapan puji syukur kepada Ida Leluhur. Baik itu leluhur kawitan yang sudah melinggih maupun yang belum melinggih.

Pemedek datang ke Pura Dalem Puri untuk mengucapkan syukur.

Pemedek yang tangkil ke Pura dari seluruh Kabupaten/Kota se-Bali serta luar Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved