Breaking News:

Berita Karangasem

Disdikpora Karangasem Akan Terapkan Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen Mulai Besok

Pembelajaran tatap muka 100 persen terbatas akan dimulai, Senin  (10/1/2022). Dengan menerapkan prokes ketat sesuai standar operasional ditentukan.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
TRIBUN BALI/SAIFUL ROHIM
Suasana pembelajaran tatap muka terbatas di Kabupaten Karangasem, Senin 4 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga)  Karangasem akan menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, mulai Senin (10/1/2022) esok.

Keputusan itu diambil berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) 4 Kementerian, serta capaian  vaksinasi.

Kepala Disdikpora Karangasem, I Wayan Sutrisna, mengungkapkan,  pembelajaran tatap muka berdasarkan SKB 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID - 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat sesuai aturan berlaku.

"Pembelajaran tatap muka 100 persen terbatas akan dimulai, Senin  (10/1/2022). Dengan menerapkan prokes ketat sesuai standar operasional ditentukan. Rencana semua sekolah di Karangasem akan menerapkannya. Mulai dari SD, SMP,  dan SMA / SMK," kata Sutrisna, Minggu (9/1/ 2022).

Baca juga: Segera Adakan Pilkades Serentak, Pemerintah Kabupaten Karangasem Anggarkan Dana 2,2 M

Mantan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disprindag) Karangasem ini, menjelaskan, untuk capaian vaksinasi dosis kedua untuk tenaga pendidik serta siswa di Karangasem sudah mencapai sekitar 98,03 persen. Terhitung dari SD, SMP, dan SMA / SMK di Karangasem.

"Jumlah guru serta pegawai sekolah dari PAUD, SD serta SMP yang sudah divaksin sebanyak 5.202 orang dari 5.308 jumlah keseluruhan, atau sekitar 98 persen.

Untuk guru SMA sudah mencapai 97.32 persen serta SMK 99.36 persen," jelas  Sutrisna, sapaannya.

Untuk vaksin dosis II lansia sudah mencapai 74.04 persen. Tersebar di delapan Kecamatan di Karangasem.

Dari 53.334 sasaran  vaksinasi untuk  kategori lansia, yang sudah mendapatkan vaksin dosis I sekitar 48.730 orang.  Sedangkan vaksin dosis II sekitar 39.487. Terbanyak adalah Kecamatan Karangasem.

Ditambahkan, selama proses pembelajaran tatap muka berlangsung, tenaga pendidik dan siswa harus menerapkan prokes ketat.

Diantaranya mengecek suhu tubuh sebelum pembelajaran, menggunakan masker yang benar, cuci tangan sebelum serta sesudah melaksanakan pembelajaran.

"Berdasarkan hal itu maka pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen, frekuensi setiap hari sekolah, dan lama belajar maksimal 6 jam pelajaran per hari," imbuh Wayan Sutrisna.(*)

Artikel lainnya di Berita Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved