Breaking News:

Berita Bali

DPW PPNI Bali Adakan Musyawarah Wilayah ke-10, Harapkan Perawat Dapat Terapkan Praktek Tradisional

DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Bali adakan Musyawarah Wilayah ke-10 di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali pada, Minggu (9 Desem

Tribun Bali/Luh Putu Wahyuni Sari
Acara Musyawarah Wilayah ke-10 oleh DPW PPNI Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Bali adakan Musyawarah Wilayah ke-10 di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali pada, Minggu (9 Desember 2022). 

Acara tersebut juga langsung dihadiri oleh beberapa pejabat Bali yakni Gubernur Bali, Wayan Koster dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya. Sambutan pertama diisi langsung oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Ketut Sukadarma, S.KP, M.Kes. 

"Musyawarah Wilayah ke-10 DPW PPNI Bali mengambil tema 'Abinaya Guna Mukti' yang artinya perawat bersemangat, perawat bermanfaat. Musyawarah Wilayah merupakan agenda besar DPW PPNI yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali yang merupakan pelaksanaan amanat dari persatuan perawat nasional Indonesia," jelasnya. 

Musyawarah Wilayah merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi PPNI ditingkat provinsi.

Tentunya segala keputusan musyawarah wilayah akan menentukan arah dan menjadi acuan dalam menyusun program-program kerja DPW dalam lima tahun kedepan.

Baca juga: 5 Hotel Murah di Dekat Pantai Kuta Bali, Lengkap Kolam Renang, Harga Mulai Rp 80 Ribuan

Baca juga: Akan Diterapkan Secara Bertahap, Simak Tujuan Hingga Cara Aktivasi e-KTP Digital

Baca juga: Kartu Prakerja 2022 Gelombang 23 Sudah Dibuka, Segera Daftar di prakerja.go.id

Sebagai bentuk terjemahan dan amanah dari musyawarah nasional ke-10 PPNI, Musyawarah ke-10 DPW PPNI Bali diikuti oleh peserta yang terdiri dari utusan peninjauan. 

"Dan sesuai dengan rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sejak 3 Januari 2022 kemarin yakni dengan beberapa seminar yang diselenggarakan oleh himpunan seminar secara maraton sampai kemarin masih berlangsung. Dan hari ini puncak musyawarah nasional ke-10. Karena situasi pandemi maka unsur peninjau kami kurangi diawal kami rencakan 210 yang bisa hadir dan kita melihat kembali jadi unsur-unsur utamanya utusan yang memiliki hak suara dan hak bicara hak dipilih ini lah yang kita utamakan," tambahnya. 

Ditemui ditempat yang sama, Ketua umum DPP PPNI Dr. Hanif Fadhillah, S.Kp., M.Kep., MH mengatakan, Musyawarah Wilayah ke-10 Provinsi Bali merupakan musyawarah yang tertinggi kegiatannya ketika meletakkan satu kebijakan umum untuk arah terhadap perkembangan PPNI Bali sampai lima tahun yang akan datang. 
Sekaligus memilih kepengurusan yang baru. 

"Dengan adanya kegiatan musyawarah ini untuk diwilayah Provinsi melihat bagaimana peluang-peluang kerjasama terutama dengan Pemerintah Provinsi terkait dengan kebijakan Provinsi nya tadi bagaimana penyelenggaraan kesehatan tradisional saya kira perawat diberikan kewenangan untuk menyelenggarakan praktek komplementer dan alternatif yang merupakan bagian dari Tradisional," kata, Hanif. 

Menurutnya kegiatan ini merupakan gayung bersambut dan mudah-mudahan kedepannya Bali akan memiliki suatu kebijakan khusus bagaimana perawat dapat menyelenggarakan praktek tradisional bukan hanya mandiri tapi di faskes seperti, Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit. 

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster yang turut hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi dan tentunya melalui acara ini akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Bali.

"Saya sangat apresiasi acara ini dan semoga tahun depan semakin matang ke-administrasinya dan juga terutama berkaitan dengan kompetensi tradisional layanan kesehatan melalui ke-organisasian PPNI. Saya tentu berharap banyak karena memang kesehatan menjadi prioritas di Pemerintahan Provinsi Bali dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di Bali," tutup, Koster. (*) 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved