Breaking News:

Berita Karangasem

Cuaca Ekstrem, Longsor dan Pohon Tumbang Kepung Karangasem

Hujan deras yang mengguyur Karangasem mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa titik, Senin 10 Januari 2022.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Harun Ar Rasyid
iat
Petugas BPBD Kab. Karangasem, melakukan evakuasi pohon tumbang dan assesment tanah longsor, Senin (10/1/2022). Beberapa bencana longsor serta pohon tumbang disebabkan hujan deras. 

AMLAPURA, TRIBUN BALI - Hujan deras yang mengguyur Karangasem mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa titik, Senin 10 Januari 2022.

Tidak ada korban jiwa dan luka saat bencana. Pemilik bangunannya hanya mengalami kerugian materiil hingga jutaan rupiah.

Kepala BPBD Kab. Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengatakan, bencana longsor dan pohon tumbang terjadi dikarenakan hujan disertai angin kencang.

Seperti di Br. Dinas Semseman, Sangkan Gunung, Kec. Sidemen senderan jalan jebol mengenai tembok rumah Nengh Suantara hingga rusak.

Tak ada korban jiwa dan luka saat kejadian.

Peristiwa yang terjadi sore hari membuat pemilik rumah syok. Sementara jebolan sudah sedikit bisa ditangani dan dibersihkan pihak keluarga dibantu warga. #

Untuk tiang listrik yang rentan longsor segera akan dikoordinasikn ke pihak PLN.

Di hari sama longsoran material batu besar tutupi akses jalan yang menghubungkan antar desa, tepatnya di Banjar Dinas Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kab. Karangasem. Untuk sementara jalanan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4. Hanya bisa dilalui pejalan kaki.

"Penanganan harus menggunakan alat berat karena material batu yang longsor cukup besar. Kalau memakai manual kayaknya tak bisa. Kita sudah berkoordinasi dengan PUPR Karangasem," ungkap IB Ketut Arimbawa, pejabat asal dari Kab. Singaraja.

Di Br. Kedampal, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kab. Karangasem longsor senderan penyengker Pura Pesenetan Bukit Sari rusak. Senderan juga meengenai rumah warga I Ketut Surjana, hingga mengakibatkan kerusakan di bagian tembok dan atapnya. Untung tak ada korban jiwa dan luka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved