Berita Gianyar

Sastra Saraswati Sewana II Kembali Digelar Puri Kauhan Ubud Gianyar

Mengawali tahun 2022, Yayasan Puri Kauhan Ubud, kembali menggelar ajang Sastra Saraswati Sewana (SSS) yang ke-2 kalinya

Istimewa
Sastra Saraswati Sewana II Kembali Digelar Puri Kauhan Ubud Gianyar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mengawali tahun 2022, Yayasan Puri Kauhan Ubud, kembali menggelar ajang Sastra Saraswati Sewana (SSS) yang ke-2 kalinya.

Pada tahun kedua ini, SSS mengangkat tema 'Toya Uriping Bhuwana, Usadhaning Sangaskara' atau air sumber kehidupan, penyembuh peradaban.

Tema ini diangkat sebagai bagian dari gerakan kesadaran untuk menjaga, mengkonservasi, dan memuliakan air toya atau yeh yang memiliki arti penting dalam laku kehidupan masyarakat Bali.

"Gerakan kesadaran ini menggunakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tukad Oos sebagai lokus kegiatan," ujar Anak Agung Ari Dwipayana, tokoh Puri Kauhan Ubud, kepada Tribun Bali, Senin 17 Januari 2021.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud Luncurkan Tiga Buku Sastra Saraswati Sewana

Sekaligus, kata dia, ingin membangun role model penataan ekosistem sungai berbasis kearifan lokal dan budaya Bali.

Di Bali kesatuan ekologis itu dikenal dengan konsep segara-wukir yang terintegrasi, tidak terpisah-pisah satu dengan yang lain.

"Kegiatan akan dimulai dari hulu Tukad Oos. Hal ini terkait dengan konsep memuliakan gunung (wukir), wana, danu dan klebutan. Pemuliaan akan dilakukan dengan gerakan penanaman kembali Alas Kekeran, membersihkan mata air (klebutan) dan kampanye menjaga danau.

Di bagian tengah (madyaning) Tukad Oos, akan dilakukan gerakan bersama membersihkan Tukad Oos dari sampah, menanam tanaman obat di DAS Tukad Oos, membersihkan petirtan/pancoran), revitalitasi desa wisata berbasis sungai dan mengingat kembali arti penting campuhan.

Sedangkan wilayah di hilir (pesisir) bagian dari segara, akan dilakukan gerakan pembersihan pantai, penataan muara serta pemberdayaan warga pesisir.

"Saksikan launching kegiatan ini secara virtual malam ini bertepatan dengan Purnama Kawulu, Soma Pon Matal, 17 Januari 2022 pukul 19.00 WIB di kanal YouTube Puri Kauhan Ubud TV," sebut Koordinator Staf Khusus Presiden RI ini. (*).

Kumpulan Artikel Gianyar

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved