Serba Serbi

Ngembak Geni, Ajang Silaturahmi Hindu Bali

Ngembak Geni adalah hari berakhirnya Catur Brata Penyepian. Dan sebagai hari yang digunakan untuk melaksanakan Dharma Shanti atau simakrama.

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Noviana Windri
ist
suasana upacara Tawur Agung Kesanga di Ubud 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Usai sudah umat Hindu merayakan pergantian tahun baru saka 1944, pada Nyepi yang jatuh tanggal 3 Februari 2022 kemarin.

Setelah itu, hari ini pada Jumat 4 Maret 2022, umat Hindu merayakan Ngembak Geni. 

Ngembak Geni adalah hari berakhirnya Catur Brata Penyepian. Dan sebagai hari yang digunakan untuk melaksanakan Dharma Shanti atau simakrama.

Begitu juga untuk anjang sana, yang bersifat kekeluargaan, kebersamaan, kekompakan hingga menjalin persatuan umat Hindu baik bersama keluarga, kolega, masyarakat dan lain sebagainya. 

Ini juga untuk meminta doa bersama, agar semua orang saling berbahagia di tahun Saka anyar ini. Setelah sebelumnya warga masyarakat pula, telah merayakan pergantian tahun Masehi pada 1 Januari 2022.

Baca juga: Polsek Benoa Patroli di Pelabuhan Benoa Saat Hari Raya Nyepi

Baca juga: Sehari Setelah Nyepi, Begini Suasana Pantai Matahari Terbit Sanur

Baca juga: Setelah Nyepi, Kedatangan Penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali Diprediksi Meningkat

Kemudian pergantian tahun Imlek, pada 1 Februari 2022. Lalu perayaan tahun baru Saka, pada 3 Maret 2022. 

Selain silaturahmi, pada Ngembak Geni juga kerap dilakukan Dharma Shanti. Dengan saling mengunjungi dan mengucapkan selamat tahun baru, agar terbina kerukunan umat beragama.

Ada pula yang ke pura-pura, untuk menghaturkan ngayah Dharma Gita atau melantunkan nyanyian suci. Seperti kidung, kakawin, pembacaan sloka, dan lainnya. 

Bisa pula mendengarkan Dharma Wacana dari pemuka agama. Dengan makna hakekat Nyepi, dan bagaimana mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari di Hindu Bali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved