Berita Bali

Kemenparekraf Promosi Produk Ekonomi Kreatif di Forum GPDRR 2022 Melalui Instalasi Planogram

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif khas tanah air di acara GPDRR

Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kemenparekraf Promosi Produk Ekonomi Kreatif di Forum GPDRR 2022 Melalui Instalasi Planogram 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif khas tanah air di acara Global Platform for Disaster Risk Reduction ( GPDRR) melalui showcase instalasi planogram, di Art Building Bali Collection, yang berlangsung pada 23-28 Mei 2022.

Instalasi planogram merupakan pameran berformat instalasi portable, di mana setiap poster jenama produk ekraf yang ditampilkan, dilengkapi barcode yang akan mengarahkan pengunjung ke toko penjualnya secara daring.

Pada instalasi planogram ini ada dua panel vertikal dan satu meja display yang dapat diputar menggunakan sensor touchless.

Di setiap meja display-nya juga terdapat mini screen yang akan memutar video looping atau penjelasan tentang produk kreatif karya anak bangsa serta cara pembeliannya.

Baca juga: Menlu Retno: GPDRR Ajang Pertukaran Pengalaman Mitigasi Bencana

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya menjelaskan bahwa Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kemenkop UKM memfasilitasi 140 pelaku ekonomi kreatif untuk tampil di instalasi planogram dalam mendukung kegiatan GPDRR.

"Terdapat 140 pelaku ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 500 pelaku ekonomi kreatif yang siap memamerkan produk-produk ekonomi kreatif di instalasi planogram yang berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat utama penyelenggaraan GPDRR 2022'> GPDRR 2022," ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan, bahwa ada tiga subsektor ekonomi kreatif yang hadir di instalasi planogram. Di antaranya fesyen, kriya, dan kuliner.

Nantinya, delegasi GPDRR 2022'> GPDRR 2022 bisa melihat langsung workshop pembuatan dari beberapa produk ekonomi kreatif.

“Jadi, selain bisa beli secara online melalui instalasi planogram, delegasi juga bisa membeli langsung, serta bisa melihat cara pembuatan produk ekrafnya,” imbuh Menparekraf.

Salah satu pelaku ekraf, Aman Waludi, menyampaikan rasa senangnya bisa menggelar workshop pada pergelaran internasional ini.

Ia berharap para delegasi bisa menyukai produk-produk yang ia produksi, seperti tas kulit, dompet kulit, jaket kulit, dan ikat pinggang.

“Saya juga berharap nantinya bisa berbisnis dengan delegasi yang hadir agar bisa mengekspor produk kami ke negaranya,” kata Founder Amanda Leather, Amam Waludi.

Tak hanya menampilkan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf juga memfasilitasi fieldtrip untuk para delegasi GPDRR 2022.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Hadiri GPDRR 2022 di Bali

Ada dua paket yang disiapkan, yakni paket field trip tidak berbayar dengan kuota 600 orang untuk delegasi mengunjungi destinasi-destinasi percontohan kearifan lokal dalam menghadapi bencana.

Dan juga paket field trip berbayar yang bekerja sama dengan travel operator, sehingga memberikan manfaat kepada pelaku pariwisata di Bali.

“Destinasi pariwisata juga telah dipersiapkan untuk dikunjungi para delegasi GPDRR 2022'> GPDRR 2022 di Bali. Kami juga melibatkan pelaku parekraf dalam menyukseskan GPDRR, sehingga hal ini juga memberi dampak positif pada bangkitnya ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” demikian kata Menparekraf Sandiaga.(*)

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved