Berita Bali

Kemkominfo Adakan Acara Bersama Dekranasda, Bahas UMKM Kain Wastra di Bali

Kemkominfo mengadakan acara bersama Dekranasda, Sektor UMKM memiliki kontribusi penting bagi perekonomian negara

Istimewa
Kemkominfo mengadakan acara Bersama Dekranas Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra, Kamis 30 Juni 2022 - Kemkominfo Adakan Acara Bersama Dekranasda, Bahas UMKM Kain Wastra di Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo) mengadakan acara 'Bersama Dekranas Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra' pada Kamis 30 Juni 2022.

Turut hadir dalam acara ini Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Dan Maritim Kemkominfo, Usman Kansong selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo secara daring, Ni Luh Putu Putri Suastini selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali dan beberapa narasumber lainnya.

Dalam sambutannya, Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Dan Maritim Kemkominfo mengatakan, pariwisata di Bali mulai menggeliat dan banyaknya kunjungan wisman dan wisdom.

"Dan saya kagum karena kita melihat Bali macet sampai jam 12 malam tadi malam. Sejauh ini 65 persen kekuatan ekonomi dijalankan oleh perempuan sebagai enterpreuner dan tentunya sebagai salah satu fondasi ekonomi Indonesia," jelasnya, Kamis 30 Juni 2022.

Baca juga: Unique Bali Festival 2022, Ragamkan Aktivitas Pantai, Gelorakan Semangat UMKM Daerah

Berdasarkan survei Hootsuite (we are the sosial) jumlah pengguna internet di Indonesia hingga Januari 2022 mencapai 204,7 juta jiwa dengan jumlah populasi di Indonesia mencapai 277,7 juta jiwa.

Menurutnya ini artinya dengan pandemi ini telah lahir putra-putri bangsa Indonesia yang hebat-hebat.

"Tingkat penetrasi internet kita sudah mencapai 73,7 persen sangat tinggi sekali. Tingkat penetrasi internet yang tinggi ini berdampak pada jumlah pengguna internet, ponsel, gawai yang mencapai angka yang sangat tinggi yakni 370,1 juta penduduk kita 277,7 artinya 3/4 penduduk Indonesia sudah memegang gawai lebih daripada dua atau tiga. Dan lebih dari 133 persen dari total jumlah penduduk Indonesia," sebutnya.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, dengan data tersebut dapat membuat seseorang untuk menjadi enterpreunership dan UMKM handal untuk ekonomi Indonesia.

Sementara pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai setengah juta penduduknya yakni sekitar 131 juta jiwa atau sebanyak 68,9 persen.

Sementara, menurut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenas), di tahun 2030 Indonesia akan memiliki jumlah penduduk dalam usia produktif 60 persen dari total penduduk Indonesia.

"Kita bisa melihat di tahun 2022 ini terdapat 619 triliun kontribusi digital, potensi ekonomi digital Indonesia dikatakan memiliki masa depan yang cerah di mana pada tahun 2030 akan tumbuh 8 kali lipat. Dengan kolaborasi dan koordinasi baik dengan dekranas dan dekranasda dalam rangka UMKM sebagai guru bagi perekonomian nasional," imbuhnya.

Sektor UMKM memiliki kontribusi penting bagi perekonomian negara, kontribusi UMKM sendiri pada produk domestik bruto PDB Indonesia mencapai 61,07 persen atau sebesar 8,5 triliun.

Dengan jumlah UMKM di Indonesia yang capai 65,4 juta maka penyerapan investasi dari UMKM mencapai 60,4 juta dan dapat menyediakan total lapangan kerja sebesar 99 persen dan menyerap angkatan kerja sebanyak 117 juta orang atau 97 persen.

Sementara itu, menurut Usman Kansong selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo secara daring, mengatakan kain tradisional wastra memiliki keragaman yang kaya.

Baik dalam segi warna, motif, material maupun filosofi hingga proses pembuatannya.

"Budaya ini diwariskan secara turun temurun di beberapa daerah Indonesia yang kental unsur tradisinya termasuk salah satu Provinsi Bali. Berbagai macam jenis keindahan kain Bali telah terkenal di Indonesia dan mancanegara antara lain gringsing, endek, rang-rang. Pesona kain wastra ini akan dibahas lebih mendalam oleh narsum yang hadir," kata Usman.

Menjadi salah satu narasumber pada acara Kemkominfo, Ni Luh Putu Putri Suastini atau Putri Koster selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali mengatakan rasa terima kasihnya karena dapat diundang ke acara sosialisasi ini.

"Saya berterimakasih pada Kominfo ini menjadi salah satu sesungguhnya tugas kami mensosialisasikan. Jadi apa yang kami ketahui dan kerjakan karena yang bisa melakukan itu semua adalah masyarakat pengrajin. Kalau bisa lebih sering lagi melakukan kegiatan sosialisasi akan lebih cepat terwujud keinginan kita bersama," tutup Putri Koster. (*)

Kemkominfo mengadakan acara Bersama Dekranas Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra, Kamis 30 Juni 2022 - Kemkominfo Adakan Acara Bersama Dekranasda, Bahas UMKM Kain Wastra di Bali
Kemkominfo mengadakan acara Bersama Dekranas Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra, Kamis 30 Juni 2022 - Kemkominfo Adakan Acara Bersama Dekranasda, Bahas UMKM Kain Wastra di Bali (Tribun Bali/Ni Luh Putu Wahyuni Sari)

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved