Berita Gianyar

Tak Masuk Kuota Zonasi SMP, Kepsek di Saba, Blahbatuh Datangi Kades

Sebanyak empat perwakilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Kepala Desa Saba,

istimewa
Sebanyak empat perwakilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Kepala Desa Saba, Senin 4 Juli 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sebanyak empat perwakilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Kepala Desa Saba, Senin 4 Juli 2022.

Hal tersebut dikarenakan hampir semua siswanya tidak masuk dalam kuota zonasi, dalam penerimaan siswa didik baru di SMP Neger. SD yang dimaksud, SD 1 Saba, SD 4 Saba, SD 5 Saba dan SD 6 Saba.

Total siswa yang tercecer karena tak masuk zonasi ini sebanyak 88 orang. Dalam memecahkan persoalan ini, pihak sekolah dengan Kades Saba pun menggelar rapat.

Sebanyak empat perwakilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Kepala Desa Saba, Senin 4 Juli 2022.
Sebanyak empat perwakilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Kepala Desa Saba, Senin 4 Juli 2022. (istimewa)

Dalam rapat itu terungkap, dari enam sekolah dasar yang ada di Desa Saba, hanya dua yang bisa meloloskan siswanya ke sekolah negeri melalui jalur zonasi.

Yakni, SD Negeri 2 Saba yang berlokasi di Banjar Blangsinga memenuhi zonasi di SMP Negeri 1 Blahbatuh dan SD Negeri 3 Saba yang berlokasi di Banjar Saba memenuhi zonasi di SMP Negeri 2 Blahbatuh.

Baca juga: SLBN 1 Bangli Buka PPDB, Orang Tua Cenderung Daftar Mepet Sosialisasi dari Jauh Hari

Hal ini pun diharapkan mendapatkan jalan keluar.

Sebab kondisi ini tidak hanya terjadi tahun ini saja, tetapi sudah sejak adanya sistem zonasi.

Kondisi ini pun ditakutkan akan menyebabkan sekolah-sekolah ini tidak mendapat siswa baru.

Sebab masuk SMPN melalui jalur zonasi sangat diharapkan orangtua siswa.

Kepala SDN 4 Saba, I Gusti Ketut Sinia mengatakan, dalam pendaftaran, pihaknya telah melalui proses sesuai prosedur.

Namun tetap tidak masuk dalam zonasi SMPN di Blahbatuh.

Pihaknya pun berharap dalam pertemuan ini, dapat memecahkan persoalan ini.

"Kami sudah melakukan proses sesui prosedur. Sangat terasa sekali kita tidak termausk zonasi. Berharap bisa dibantu,” ujarnya.

BERITA LAINNYA

Kades Saba, I Ketut Redhana mengatakan, pihaknya telah bersurat ke Dinas Pendidikan Gianyar. Sesuai informasi di lapangan, kata dia, penyebab banyak siswa tak diterima di SMPN di Blahbatuh karena kuota zonasi penuh. "Mudah-mudahan nanti setelah bersurat ke dinas, supaya dapat titik terang," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved