Kesehatan

CEGAH KANKER SERVIKS, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Penaykit kanker serviks adalah jenis kanker terbanyak ketiga yang diidap perempuan di seluruh dunia. Indonesia penderita terbesar di dunia.

istock
Dilansir dalam laporan Kementerian Kesehatan 31 Januari 2019, kasus kanker serviks terjadi pada 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian mencapai 13,9 per 100.000 penduduk. Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat WHO, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Ironisnya, 80 persen dari pengidap kanker serviks datang dalam stadium lanjut, dan 94 persen pasien dari kasus tersebut meninggal dunia dalam dua tahun. 

TRIBUN-BALI.COM - Penyakit kanker serviks merupakan salah satu isu kesehatan, yang perlu
diwaspadai.

Pasalnya, kanker serviks adalah jenis kanker terbanyak ketiga yang diidap perempuan di
seluruh dunia.

Di Indonesia, kanker serviks masih menjadi penyakit kanker dengan jumlah penderita terbesar kedua setelah kanker payudara.

Dilansir dalam laporan Kementerian Kesehatan 31 Januari 2019, kasus kanker serviks terjadi pada 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian mencapai 13,9 per 100.000 penduduk.

Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat WHO, menempatkan Indonesia
sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia.

Ironisnya, 80 persen dari pengidap kanker serviks datang dalam stadium lanjut, dan 94 persen pasien dari kasus tersebut meninggal dunia dalam dua tahun.

Baca juga: BISA CEGAH KANKER, Ini Deretan Khasiat Daun Kelor yang Luar Biasa

Baca juga: PENTING! Ini 7 Cara Mencegah Kanker Serviks, Termasuk Vaksinasi HPV hingga Tidak Merokok

Suasana Puskesmas Kalideres saat pelaksanaan skrining kesehatan perempuan gratis sebagai bagian dari kampanye #CareForHer
Suasana Puskesmas Kalideres saat pelaksanaan skrining kesehatan perempuan gratis sebagai bagian dari kampanye #CareForHer (ist)

Inilah yang mendorong PT Danpac Pharma, produsen produk kontrasepsi, untuk ikut andil dalam mengentaskan masalah ini dengan mendukung kampanye sosial # CareForHer dari Asian Medical Students Association (AMSA) Indonesia, perkumpulan mahasiswa kedokteran se-Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan.

Yoevan Wiraatmaja selaku Presiden Direktur PT Danpac Pharma mengungkapkan, pihaknya sangat senang bisa terlibat dalam mendukung kampanye # CareForHer.

“Kegiatan kolaborasi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memahami kanker serviks sehingga lebih waspada terhadap penyakit tersebut, serta siap untuk mengikuti deteksi dini kanker serviks,” ujarnya.

Kampanye # CareForHer terdiri atas beberapa program dengan tujuan yang sama, meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kanker serviks.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved