Berita Klungkung

Sapi di Klungkung juga Dapat Vaksin Booster

Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dosis kedua atau booster kembali dilaksanakan di Klungkung.

istimewa
Penyuntikan vaksin PMK dosis kedua di Desa Selat, Klungkung, Bali, Kamis 11 Agustus 2022. 

 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dosis kedua atau booster kembali dilaksanakan di Klungkung.

Tahap pertama, vaksinasi dosis kedua untuk sapi ini menyasar ternak warga di sekitar Desa Selat, Manduang, Selisihan, Tegak dan Akah.


“Dimulai Kamis (11/8), kami kembali melakukan vaksinasi PMK sapi di Desa Selat, Manduang, Selisihan, Tegak dan Akah,” ujar Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, Jumat 12 Agustus 2022.

Baca juga: Di Klungkung, Harga Mi Instan Sudah Naik Setiap 2 Minggu Sejak 2 Bulan Lalu


Ia mengungkapkan, sapi yang akan mendapatkan vaksinasi PMK dosis kedua ini, merupakan ternak yang sebelumnya juga telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Dinas Pertanian Klungkung mencatat, telah melakukan vaksinasi PMK dosis pertama terhadap 6.817 ekor sapi di tiga kecamatan di Klungkung.


"Vaksinasi PMK kembali lagi dilakukan untuk mengoptimalkan vaksin PMK pertama. Sehingga ternak warga lebih kebal lagi dengan PMK," jelasnya.


Bahkan tidak menutup kemungkinan, akan ada vaksinasi PMK lanjutan lagi.

Baca juga: KABAR DUKA, Mantan Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma Meninggal Dunia


" Setelah vaksinasi kedua ini, tidak tutup kemungkinan ada lagi vaksinasi lanjutan yang dilakukan setiap enam bulan. Tapi itu tetap mempertimbangkan pasokan vaksin dari Pemprov Bali," katanya.


Juanida juga menegaskan, tidak ada tambahan kasus PMM baru di Klungkung. Hanya ada dua ekor sapi yang suspect PMK di Desa Selat pada awal Juli lalu.


Namun suatu daerah dikatakan zona hijau PMK, bila selama dua tahun ternaknya menjalani vaksinasi PMK dan tidak ada kasus PMK baru. (*)

 

Berita lainnya di Berita Klungkung

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved