Berita Gianyar

Lima Kursi Pejabat Pemkab Gianyar Kosong Tahun Ini, Salah Satunya Sekda

Kursi pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali tahun ini kosong, karena ditinggal pensiun.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Kepala BKPSDM Gianyar, I Wayan Wirasa 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Kursi pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali tahun ini kosong, karena ditinggal pensiun.

Mulai dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Sekretaris Daerah (Sekda).

Meski demikian,  Bupati Gianyar, Made Mahayastra masih belum menunjukkan tanda-tanda dalam waktu dekat ini akan melakukan pengisian jabatan.

Padahal, masa jabatan Bupati Gianyar sendiri akan berakhir tahun depan. 


Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gianyar, Selasa 6 September 2022, pejabat yang pensiun tahun ini adalah, Ngakan Darmajati yang sebelumnya menjabat Asisten III Setda Gianyar. Ia telah pensiun pada 1 Januari 2022.

Baca juga: Gong-gongan Anjing Beri Tanda Ada Kebakaran di Gianyar, 3 Bangunan Dilahap Si Jago Merah


Setelah itu, I Gede Widarna Suharta yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gianyar ini, telah pensiun 1 Juli 2022 lalu.

Kepensiunan Widarma pun cukup disayangkan. Sebab, pria asal Buleleng itu sempat digadang-gadang menjadi calon Sekda Gianyar, menggantikan Made Gde Wisnu Wijaya.

Sebab Widarma memiliki peran besar dalam pembangunan di Kabupaten Gianyar, dengan kecerdasannya di atas rata-rata.


Selain Widarma, sosok penting yang pensiun lainnya adalah Anak Agung Bagus Ari Brahmanta yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan.

Pria asal Ubud yang merupakan saudara kandung Koordinator Staf Khusus Presiden, Anak Agung Ari Dwipayana itu telah pensiun sejak 1 September 2022. 

Baca juga: Bertambah, Satu Lagi Korban Kompor Mayat Meledak di Gianyar Meninggal


Sementara, pejabat yang akan menyusul pensiun lainnya adalah Ida Komang Upeksa yang saat ini masih menjabat Kepala Dinas Kesehatan Gianyar.

Mantan Dirut RSUD Sanjiwani itu akan memasuki masa pensiun 1 Oktober ini. 


Terakhir adalah Made Gde Wisnu Wijaya. Pensiunnya Wisnu, akan menjadikan persaingan jabatan di Pemkab Gianyar akan panas.

Sebab, kursi jabatan yang ditinggalkan Wisnu adalah jabatan tertinggi, yakni Sekretaris Daerah atau Sekda. Wisnu akan memasuki pensiun pada 1 Desember 2022. 


Kepala BKPSDM Gianyar, I Wayan Wirasa membenarkan tahun ini ada lima pejabat eselon II pensiun tahun ini. Kata dia, kekosongan tersebut akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Terkait jadwal pengisian pejabat definitif, pihaknya belum mengetahui. "Plt menjabat selama tiga bulan dan bisa diperpanjang sampai ada proses lelang jabatan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved