Berita Gianyar

Dinas Sosial Gianyar Catat 53.574 KK akan Terima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu, Tersebar di 7 Kecamatan

Dinas Sosial Gianyar mencatat sebanyak 53.574 Kepala Keluarga akan menerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu.

Tribun Timur
Ilustrasi Bansos BLT BBM Rp600 Ribu 2022. Dinsos Ginyar Sebut 53.574 KK akan Terima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu dengan Dua Tahapan Pencairan 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Dinas Sosial Gianyar Catat 53.574 KK akan Terima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu, Tersebar di 7 Kecamatan.

Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) serangkaian kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp 600 ribu dalam dua tahap pencairan, yang terdata di Dinas Sosial (Dinsos) Gianyar nantinya sebanyak  53.574 Kepala Keluarga (KK).

Dimana data penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu tersebut berpatokan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemeterian Sosial (Kemensos).

Berdasarkan data dihimpun Rabu 7 September 2022, Bansos BLT BBM akan diberikan sebanyak empat kali dengan masing-masing pemberian sebesar Rp150 ribu.

Penyalurannya akan dilakukan dalam dua tahap, yakni pada bulan September dan awal Desember 2022 nanti.

Total uang yang akan diterima warga sebesar Rp 600 ribu. 

Sekdis Dinas Sosial Gianyar, Nur Widyanto mengatakan, pencairan BLT BBM ini nantinya akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia, yang akan dilakukan di setiap kecamatan.

Dalam hal ini, Dinsos Gianyar hanya sebagai pengawal dan koordinator. Sebab teknis pencairannya nanti akan langsung dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

"Kementerian Sosial menunjuk langsung PT Pos Indonesia untuk menyalurkan. Kami di dinas hanya mengawal dan berkoordinasi," ujarnya.

Baca juga: TAK Terima BLT BBM Rp600 Ribu? Bisa Usulkan Lewat Aplikasi Cek Bansos, Mensos: Harus Kita Verifikasi

Widyanto mengatakan, jumlah penerima BLT BBM di Kabupaten Gianyar sebesar 53.574 KK. Dimana data tersebut berpatokan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. 

"Untuk data penerima, diambil dari data terpadu kesejahteraan sosial yakni mereka yang selama ini menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, keluarga yang sudah terdatatersebar di tujuh kecamatan di Gianyar.

Rinciannya, di Sukawati sebanyak 7.667 KK, Blahbatuh sebanyak 6.982 KK, Gianyar sebanyak 9.841, Tampaksiring sebanyak 6.946 KK, Ubud sebanyak 7.958 KK, Tegalalang sebanyak 7.066 KK, dan Payangan sebanyak 7.114 KK.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Gianyar Edi Rubandi belum memberikan penjelasan terkait pencairan BLT ini, karena saat dihubungi melaui sambungan telepon, pihaknya tidak mengangkat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved