Info Populer

CEK Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Cair September 2022, Akses di cekbansos.kemensos.go.id

Berikut ini adalah cara melihat  penerima bansosBLT BBM Rp600 Ribu yang cair bulan September 2022.

mer
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM di Bangli, mulai dilaksanakan Kamis 8 September 2022. Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Cair September 2022, Akses di cekbansos.kemensos.go.id 

TRIBUN-BALI.COMCEK Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Cair September 2022, Akses di cekbansos.kemensos.go.id

Berikut ini adalah cara melihat  penerima bansos BLT BBM Rp600 Ribu yang cair bulan September 2022.

Pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan Bansos Bantuan Langsung Tunai pengalihan subsidi bahan bakar minyak ( BLT BBM 2022).

Nantinya, Bansos BLT BBM 2022 akan diberikan kepada masyarakat sesuai sasaran dengan jumlah Rp 600 ribu dimana tiap bulannya akan diberikan Rp 150 ribu mulai September hingga Desember 2022.

Namun BLT BBM akan diberikan pada dua tahap, tahap pertama pada bulan September sebesar Rp 300 ribu dan tahap kedua pada bulan Desember sebesar Rp 300 ribu.

Oleh karena ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pun menjamin jika bansos BLT BMM 2022 akan tepat sasaran karena telah dilakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan aplikasi cek bansos untuk mengecek kepesertaan.

“DTKS semakin kredibel dan akuntabel. Apabila ada masyarakat yang tidak menerima karena dihalangi oleh RT,  bisa masuk di cekbansos,” ujar Mensos Risma dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), bertema Alih Subsidi BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin diikuti di Jakarta, Selasa dilansir Tribun-Bali.com dari situs Antara.

Baca juga: Berkaca dari BLT Covid-19, Dewan Denpasar Minta Pendataan Ulang Penerima BLT BBM Agar Tepat Sasaran

Lebih lanjut, Risma menyarankan kepada masyarakat untuk segera melakukan pengecekan lewat Aplikasi Cek Bansos. Lalu masuk ke usul sanggah.

Jika calon penerima manfaat dinyatakan berhak menerima bansos, Kemensos akan memproses pendamping dan setiap bulan pihaknya rutin rapat bersama aparat penegak hukum (APH) seperti Kejagung, KPK, BPKP, Bareskrim Polri untuk melakukan pengecekan.

Apabila datanya betul, Kemensos akan cek rumah calon penerima manfaat dan akan mengusulkan datanya ke pemerintah daerah.

“Kami selalu memutakhirkan data setiap bulan. Sesuai dengan UU Penanganan Fakir Miskin verifikasi dan validasi data dilakukan oleh daerah, lalu ada pemadanan di Dukcapil, kemudian Pemda mengusulkan ke kami untuk selanjutnya kami tetapkan. Jadi, saya membuat keputusan menteri terkait pembaharuan data ini setiap bulan setelah menerima usulan dari daerah,” ujar Mensos Risma.

BLT BBM Tersalurkan di 445 Kota/Kabupaten

Dalam pendistribusiannya, hingga hari ini, Kemensos telah mentransfer pembayaran BLT BBM ke PT Pos Indonesia sebesar Rp 1,79 Triliun untuk 445 Kabupaten/Kota.

Selain itu, hari ini rencananya pihak Kemensos juga akan melakukan pembayaran BLT BBM di 514 Kabupaten/Kota.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved