Berita Bangli

Perda Diterapkan, Kaling di Bangli Secara Otomatis Menjabat hingga 60 Tahun

Jabatan kepala lingkungan (Kaling) di Bangli, secara otomatis langsung diperpanjang hingga usia 60 tahun. Hal ini terjadi pasca diterapkannya Perda

Istimewa
Pelantikan Kaling di Kelurahan Bebalang, Bangli, Bali, Sabtu 17 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Jabatan kepala lingkungan (Kaling) di Bangli, secara otomatis langsung diperpanjang hingga usia 60 tahun.

Hal ini terjadi pasca diterapkannya Perda Bangli No. 7 Tahun 2022 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan.


Camat Bangli, Sang Made Agus Dwipayana mengungkapkan, berdasarkan Perda No. 7 Tahun 2022 pasal 14 ayat 1, kepala lingkungan yang diangkat sebelum Perda ini diundangkan dan belum berusia 60 tahun, diangkat sampai berumur 60 tahun.

Oleh sebab itu, pihaknya telah menerbitkan SK para Kepala Lingkungan di empat Kelurahan sejak 12 September 2022. 

Baca juga: Tarif AKDP Bangli Akan Dinaikkan 35 hingga 40 Persen


"Setelah SK diterbitkan dilakukan pelantikan ulang. Sementara baru pelantikan Kaling di Kelurahan Bebalang hari Sabtu (17/9/2022). Sedangkan untuk Kelurahan lainnya masih menunggu jadwal Pelantikan," ujarnya Minggu (18/9/2022).


Sebut dia, di Kecamatan Bangli terdapat 27 kaling dan satu kaling persiapan. Kepala Lingkungan ini tersebar di empat kelurahan, yakni Kelurahan Kawan, Bebalang, Cempaga, dan Kubu. Namun dari jumlah tersebut, ada dua Kaling yang mengundurkan diri.

"Keduanya dari Kelurahan Kawan, yakni dari Puri Dencarik dan Puri Kanginan. Keduanya mengundurkan diri karena ada kesibukan, dan memang keduanya juga sudah dua periode," jelasnya.


Keberadaan kepala lingkungan sebelumnya diatur dengan Perda Kabupaten Bangli No. 3 Tahun 2010 tentang Lembaga Kemasyarakatan di desa. Sesuai Perda ini jabatan kepala lingkungan maksimal hanya dua periode, di mana setiap periode masa jabatannya selama enam tahun.


Dwipayana tidak memungkiri dalam pernyataan dia sebelumnya, setelah Perda No. 7 tahun 2022 diterapkan, para Kaling yang kini menjabat tidak serta-merta bisa melanjutkan jabatannya.

Mereka tetap harus mengikuti proses pemilihan ulang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved