Berita Bangli

Tarif AKDP Bangli Akan Dinaikkan 35 hingga 40 Persen

Tarif angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Bangli rencananya akan ditinjau ulang. Salah satu pemicunya karena kenaikan harga BBM

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Tunggu penumpang - Sejumlah angkutan darat saat menunggu penumpang di Pasar Loka Crana, Bangli, Bali, Senin 12 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tarif angkutan Antar Kota Dalam Provinsi ( AKDP) di Bangli rencananya akan ditinjau ulang.

Salah satu pemicunya karena kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala Dinas Perhubungan Bangli, I Ketut Riang mengatakan, terhitung sejak tahun 2013 tarif resmi angkutan darat yang diatur pemerintah belum ada perubahan.

Di mana berdasarkan Perbup Bangli No 23 tahun 2013 tentang tarif angkutan penumpang umum, nominalnya berkisar antara Rp3.600 hingga Rp 6.000.

Baca juga: Eks RSU Bangli Jadi Lokasi Mall Layanan Publik, Pembangunan Butuh Rp 15 M

Nominal tersebut tidak selaras dengan harga BBM terkini. Mengingat dalam sembilan tahun terakhir, harga BBM sudah naik beberapa kali.

"Termasuk tahun ini. Misalnya pertalite, dari harga Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 atau ada peningkatan sekitar 30 persen. Dengan kondisi ini kan harus ada penyesuaian juga terhadap tarif penumpang. Karenanya aturan tahun 2013 itu perlu ditinjau ulang," ucap Riang Senin (12/9/2022).

Rencana penyesuaian tarif angkutan darat sempat dibahas bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bangli, beberapa hari lalu.

Dari hasil pertemuan dengan Organda, sudah ada kesepakatan rencana besaran penyesuaian tarif angkutan AKAP.

"Sesuai kesepakatan, rencananya ada kenaikan tarif kisaran 35 persen hingga 40 persen dari tarif lama," sebutnya.

Mantan Kepala Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli ini mengatakan, pihaknya di Dishub Bangli sempat bertanya pada beberapa sopir angkot. Dan diketahui tarif penumpang saat ini telah naik, rata-rata Rp5.000 hingga Rp10.000.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved