Berita Denpasar

PLTS Tol Bali Mandara Beroperasi, Gubernur Koster: Dapat Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata

PLTS Tol Bali Mandara Beroperasi, Gubernur Koster: Dapat Tingkatkan Daya Tarik Pariwisat

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Marianus Seran
Tribun Bali
Foto bersama seusai peresmian PLTS Jalan Tol Bali Mandara.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)   

 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Setelah selesai pemasangan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga gerbang tol (Benoa, Ngurah Rai dan Nusa Dua), kini mulai hari Jalan Tol Bali Mandara menjadi Jalan Tol pertama di Indonesia dengan memiliki PLTS.


PLTS ini untuk mendukung kegiatan usaha dan operasional PT Jasamarga Bali Tol (PT JBT) merupakan hasil kerja sama PT Bukit Energi Investama (PT BEI) sebagai anak perusahaan PT Bukit Asam dan PT JBT sebagai anak perusahaan PT Jasa Marga.


Pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara merupakan wujud kolaborasi dan sinergi BUMN dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.


Peresmian pengoperasian PLTS ditandai dengan menekan tombol oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail, Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang.


Hadir juga dalam peresmian Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga, Ketua Project Management Office (PMO) G20 Kementerian BUMN Reynaldi Istanto dan Direktur Utama PT BEI Zulfarli.

Baca juga: Gubernur Koster Akui Kunjungan Wisdom ke Bali Menurun Dampak Mahalnya Tiket Pesawat


Selain itu turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Aryawibawa, Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Donny Arsal, Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA Farida Thamrin, Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Direktur SDM PTBA Suherman, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Ade Wahyu, dan Komisaris Utama PT JBT Bagus Cahya Arinta B.


Pemasangan PLTS ini melengkapi kesiapannya sebagai salah satu infrastruktur di Bali yang menjadi provinsi tuan rumah Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 dan tuan rumah KTT G20 pada November mendatang.


Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan kerja sama ini selaras dengan arahan Bapak Presiden Jokowi dalam rangka transisi energi bersih, dan juga kebijakan Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Bali Energi Bersih.


Gubernur Koster menjelaskan bahwa pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang bertujuan menjaga kelestarian alam Bali. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved