Siapa Turis Pertama di Bali ? Tercatat Datang ke Pulau Dewata Pada Tahun 1902

Siapa Turis Pertama di Bali ? Tercatat Datang ke Pulau Dewata Pada Tahun 1902

ask
Destinasi Wisata Bali, Pura Besakih, salah satu pura terbesar di Bali yang dibangun menggunakan konsep asta kosala kosali. 

TRIBUN-BALI.COM – Bali menjadi Destinasi Wisata paling populer di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Pariwisata Bali telah menjadi mata pencaharian bagi kehidupan masyarakat Bali. Hingga kini, Pulau Dewata terus unggul jadi pilihan wisatawan.

Tak hanya itu, Bali juga terkenal dengan sebutan pulau seribu pura tribunners, kemudian timbul banyak pertanyaan, bagaimana sejarah terbentuknya Pulau Bali ? hingga siapa turis pertama yang datang ke Bali ?

 

Sejarah Pulau Bali

Mengutip dari tarubali.baliprov.go.id Bali telah dihuni oleh bangsa Austronesia sekitar tahun 2000 sebelum Masehi yang bermigrasi dan berasal dari Taiwan melalui Maritime Asia Tenggara.

Pada masa Bali kuno, terdapat sembilan sekte Hindu yaitu Pasupata, Bhairawa, Siwa Shidanta, Waisnawa, Bodha, Brahma, Resi, Sora dan Ganapatya. Setiap sekte menghormati dewa tertentu sebagai Ketuhanan pribadinya. Budaya Bali sangat dipengaruhi oleh budaya India, Cina, dan khususnya Hindu, mulai sekitar abad 1 Masehi.

Selanjutnya, Budaya dan bahasa dari Orang Bali demikian erat kaitannya dengan orang-orang dari kepulauan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Oseania. Alat-alat batu yang berasal dari saat itu telah ditemukan di dekat desa Cekik di sebelah barat pulau Bali.

Nama Bali Dwipa (“pulau Bali”) telah ditemukan dari berbagai prasasti, termasuk pilar prasasti Blanjong yang ditulis oleh Sri Kesari Warmadewa pada tahun 914 Masehi yang menyebutkan “Walidwipa”.

Pada masa itu sistem irigasi Subak yang kompleks sudah dikembangkan untuk menanam padi. Beberapa tradisi keagamaan dan budaya masih ada sampai saat ini dan dapat ditelusuri kembali pada masa itu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved