Berita Bali

Kurang dari 40 Hari Puncak KTT G-20, 6.000 Personel Kodam IX/Udayana Siap Beri Pengamanan

Kurang Dari 40 Hari Puncak KTT G-20, 6.000 Personel Kodam IX/Udayana Siap Beri Pengamanan Para Peserta dan Venue Acara

TB/Istimewa
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto (tengah) dan Gubernur Bali I Wayan Koster ( tiga dari kanan) saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar pada Rabu 5 Oktober 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihelat di Pulau Bali sebagai tuan rumah, kurang dari 40 hari lagi, berbagai kesiapan pengamanan peserta Presidensi tersebut dimaksimalkan Kodam IX Udayana yang menerjunkan 6.000 personelnya.

Hal itu disampaikan Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto saat dijumpai Tribun Bali usai upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar pada Rabu 5 Oktober 2022.

“Persiapan menjelang KTT yang kurang dari 40 hari lagi ya ini kita, saya Pangdam beserta Gubernur, Kapolda, Kajati, Danlanal, Danrem, Danlanud, kita saling bahu-membahu menyiapkan pengaman menjelang KTT G20 dengan sematang-matangnya,” kata Pangdam IX/Udayana.

Beberapa upaya pengamanan yang sudah dilakukan satuan petugas pengamanan meliputi gladi hingga peninjauan medan untuk menngantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kita menghindari seminimal mungkin celah- celah yang kosong yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin menggagalkan KTT G20,” ujarnya.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto (tengah) dan Gubernur Bali I Wayan Koster ( tiga dari kanan) saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar pada Rabu 5 Oktober 2022.
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto (tengah) dan Gubernur Bali I Wayan Koster ( tiga dari kanan) saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar pada Rabu 5 Oktober 2022. (TB/Istimewa)

Kodam IX/Udayana, dipaparkan, Mayjen Sonny, menerjunkan 6.000 kekuatan personel yang dibagi dalam dua satuan tugas.

“TNI khususnya Satgas Pamwil ada 4.000 an, kami juag menyiapkan satgas evakuasi 2000 an, jadi sekitar 6.000 lebih dari personel jajaran Kodam IX/Udayana.

Selain itu, TNI dibawah pimpinan langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga memerintahkan Markas Besar TNI, baik AD, AU dan AL untuk menurunkan personel melaksanakan pengamanan.

“Pengamanan besar di bawah pimpinan langsung Panglima TNI dari Mabes TNI, Mabesal, Mabes AU menurunkan personel untuk melaksanakan pengamanan,” ujarnya. (*)

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved