Tragedi Kanjuruhan

Pesan Damai Elemen Suporter PSIM, PSS, Persis di Mandala Krida dan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Aksi doa bersama dan mengenang Tragedi Kanjuruhan yang merenggut 131 korban jiwa di gelar Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa 4 Oktober 2022

Editor: Ady Sucipto
Tribun Jogja/Hanif Suryo
Pendukung klub sepak bola di DIY- Jateng menyalakan lilin sebagai simbol duka atas korban tragedi Kanjuruhan di Stadion Mandala Krida, Selasa (4/10/2022) malam. 

TRIBUN-BALI.COM- Aksi doa bersama dan mengenang Tragedi Kanjuruhan yang merenggut 131 korban jiwa di gelar Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa 4 Oktober 2022 malam.  

Ya, Stadion Mandala Krida menjadi saksi tiga elemen suporter dari PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, Persis Solo dan perwakilan suporter lain duduk bersama untuk mengenang sekaligus mendoakan korban Tragedi Kanjuruhan, di Malang, Jawa Timur 1 Oktober 2022 lalu.

Momentum langka ini menjadi sejarah, musababnya, selama beberapa dekade suporter tiga klub tersebut diketahui memiliki rivalitas panas namun mereka kini sepakat untuk berbaur menjadi satu dan menggaungkan pesan damai dan kerukunan.

Baca juga: Liga Champions dan Momen Pemain Inter, Barcelona dan Munchen 1 Menit Mengenang Tragedi Kanjuruhan

Peristiwa kelam Tragedi Kanjuruhan yang telah merenggut ratusan nyawa suporter Aremania menjadi pemantik bagi para suporter untuk menyudahi permusuhan dan dendam masa lalu.

Tanpa mengabaikan peristiwa pokok Tragedi Kanjuruhan yang demikian menggores rasa kemanusiaan, mereka tegas menuntut kepada pihak berwajib mengusut tuntas peristiwa memilukan di Malang, Jawa Timur itu.

Dikutip Tribun Bali via laman Tribun Jogja, Presiden Brajamusti, Muslich Burhanuddin bersama Ketua The Maidnent, Budi Santoso berharap pertemuan antar elemen suporter di DIY-Jateng dalam acara Salat Gaib serta doa bareng menjadi momentum merajut perdamaian antar suporter.

"Kita suporter yang hadir malam ini akan menghentikan kebencian yang ada di hati kita. Kita hanya akan mewariskan sukacita pada anak cucu kita. Insya Allah dengan ikhlas atas kejadian telah lalu tidak akan lagi terjadi khususnya di DIY dan sekitarnya. Kita bersatu dan sepakat," ujar Thole, sapaan akrab Muslich Burhanuddin.

Baca juga: PSSI Ungkap Suasana Mencekam Pintu 13 Stadion di Tragedi Kanjuruhan, Hukum Seumur Hidup Ketua Panpel

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa mewarisi perdamaian untuk generasi berikutnya adalah hal baik yang harus diupayakan saat ini.

"Memutus rantai rivalitas (destruktif) bisa dimulai dari diri kita sendiri mulai saat ini agar generasi setelah kita bisa menikmati sepakbola penuh suka cita," ujar dia.

Sebelumnya, presiden Pasoepati, Maryadi 'Gondrong' menyambut positif rekonsiliasi antara suporter di wilayah DIY- Jateng.

 
"Tanpa sedikitpun mengesampingkan tragedi di Kanjuruhan, ini menjadi hal positif ke depan. Rivalitas yang cukup lama antara Solo dan Jogja, ini akan kita bangun kembali untuk hal-hal yang positif," kata Maryadi Gondrong.

Maryadi menyebut rivalitas seharusnya hanya terjadi di 90 menit atau dalam pertandingan saja.

"Harapan kita seperti itu, agar tidak ada korban-korban yang berjatuhan. Kita bikin bahwa suporter ini jangan identik dengan brutalitas tapi identik dengan kreativitas," ucapnya.

"Terpenting kisah ini nantinya tidak hanya sebatas pertemuan ini saja. Kami harap pengurus dari DPP juga dapat mensosialisasikan hingga ke akar rumput," kata Maryadi.

Baca juga: BUNTUT Tragedi Kanjuruhan, PSSI Resmi Hukum 2 Sosok ini, di-Blacklist Dari Sepakbola Indonesia

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Berita Terkait :#Tragedi Kanjuruhan
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved