Breaking News:

Destinasi Wisata Bali

Destinasi Wisata Bali, Keunikan Museum Semarajaya Klungkung yang Dibangun Sejak Tahun 1902

Destinasi Wisata Bali, Keunikan Museum Semarajaya Klungkung yang Dibangun Sejak Tahun 1902

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
destinasi wisata bali, Seorang warga memandangi foto raja Klungkung Ida I Dewa Agung Jambe yang dipajang di Museum Semarajaya, belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM –  Destinasi Wisata Bali tak hanya tentang keindahan pantai dan wisata alam saja yang bisa kamu kunjungi.

Bali memiliki beberapa museum yang bisa jadi alternatif baru buat kamu yang bosan dengan suasana pantai.

Salah satu museum yang bisa jadi destinasi baru buat tribunners yakni, Museum Semarajaya.

Museum Semarajaya berlokasi di Jalan Untung Surapati, Desa Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

 
 

 Destinasi Wisata Bali, Museum Semarajaya di Klungkung ini biasanya ramai dengan wisatawan baik domestik maupun mancanegara pada hari biasa maupun hari liburan.

Bagi tribunners yang penasaran, terdapat berbagai keunikan di Museum Semarajaya seperti, dibangun sekitar tahun 1920, gedung ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Belanda dan Bali, Terdapat 69 buah koleksi karya Emilio Ambron, potret keluarga Kerajaan Klungkung dari masa ke masa, dan barang antik dengan nilai seni yang tinggi.

Sementara itu, Peningkatan kunjungan di Museum Semarajaya terjadi sejak bulan Januari 2022 lalu.

Kepala UPTD Museum Semarajaya, Cokorda Gede Nala Rukmaja mengatakan, Kunjungannya melonjak luar biasa, dari wisatawan domestik maupun mancanegara sejak awal tahun 2022 ini, bila dibandingkan saat awal-awal dibuka kembali akibat pandemi Covid-19 itu.

Untuk diketahui, Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung mencatat ada sebanyak 10.423 kunjungan wisman dan 1.551, kunjungan wisatawan nusantara ke kawasan objek wisata Kertha Gosa yang di dalamnya termasuk Museum Semarajaya mulai 1 Januari hingga 26 September 2022.

Museum Semarajaya merupakan museum yang sudah diresmikan sejak tahun 1994 silam.

Selanjutnya, untuk Ke depan pihak museum juga berencana akan berkoorinasi dengan pihak Dinas Pendidikan, untuk nantinya ada kunjungan siswa ke Museum Semarajaya.

Selain untuk memaksimalkan peran museum sebagai media edukasi, juga untuk mendukung kurikulum merdeka belajar.

Kini, Museum Semarajaya belum lama ini ditetapkan sebagai museum type A, dari sebelumnya Museum Semarajaya masih type C.

Dengan naik ke type A, Pemkab dituntut melengkapi beberapa hal yang masih menjadi persoalan dalan pengelolaan Museum Semarajaya. Misalnya masalah sumber daya manusia (SDM) yang masih kurang dalam mengelola museum.

 

Rute Menuju Museum Semarajaya Klungkung

Tribunners yang akan mengunjungi Museum Semarajaya dan berangkat dari Kota Denpasar bisa melewati Jalan Prof. Ida Bagus Mantra dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit.

Jika berangkat dari Kawasan Kuta bisa melewati Jalan By pass Ngurah Rai dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Akses jalan cukup mudah bisa dilewati menggunakan sepeda motor maupun mobil.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved