Sponsored Content

Komunitas Off-roader Bantu Bersihkan Sisa Banjir Bandang Jembrana, Salurkan Matras Hingga Kasur

Pasca banjir bandang di Jembrana, para off-roader membantu membersihkan material besar keluar dari rumah penduduk

Istimewa
Komunitas Off-roader Bantu Bersihkan Sisa Banjir Bandang Jembrana, Salurkan Matras Hingga Kasur 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan penanganan bencana alam di gumi makepung ini.

Dan khusus untuk segera membersihkan material sisa banjir bandang terutama di area sekitar Jembatan Bilukpoh, Kecamatan Mendoyo, Bali, ia mengajak para off-roader untuk membantu membersihkan material besar keluar dari rumah penduduk, Minggu 23 Oktober 2022.

Menurut pantauan di lokasi, para off-roader yang tergabung dalam Indonesia Off-road Federation (IOF) menggunakan winch untuk menarik kayu-kayu besar yang tidak mungkin dipindahkan dengan tenaga manusia.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mempercepat proses pembersihan rumah penduduk yang tertimbun material banjir bandang.

Baca juga: Banjir Bandang Jembrana Bali, KPH Tunggu Hasil Penelusuran, Tim Khusus Investigasi di Hutan

Nengah Tamba menuturkan, awalnya hanya berniat untuk mengajak off-roader di Jembrana saja, namun ternyata off-roader se- Bali juga antusias untuk ikut membantu.

Artinya, sangat banyak pihak yang peduli dengan Jembrana saat ini.

"Hari ini saya bersama teman-teman off-roader menarik kayu-kayu besar agar bersih. Tadinya saya hanya meminta off-roader di Jembrana saja, tetapi ternyata dari seluruh Bali turun. Ini solidaritas teman-teman off-roader. Terima kasih kepada teman-teman off-roader Bali yang sudah ikut peduli dengan bencana di Jembrana ini," katanya.

Sementara itu, I Kadek Murtama salah satu off-roader asal Denpasar mengatakan, kedatangannya hari ini untuk membantu membersihkan sisa banjir bandang.

Pihaknya juga sekaligus menyalurkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak banjir tersebut.

"Hari ini kita membantu pembersihan dan evakuasi puing-puing dan material banjir yang ada disini, yang kedua kita juga membawa bantuan berupa baju sekitar 248 buah," ungkapnya.

Off-roader lainnya yang akrab disapa Ko Cien menyampaikan harapannya agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Ia pun mengajak semua masyarakat untuk menjaga alam.

"Saya mengharapkan kesadaran seluruh masyarakat, terkadang ada penebangan di hutan, sehingga terjadi seperti ini, artinya dari sekarang kita harus mulai berbenah diri. Kita belajar dari kejadian yang sudah terjadi ini, kita belajar dampak dari alam seperti ini. Agar tidak di hulu menikmati, tetapi di hilir menangis," pungkasnya.

Salurkan Matras Hingga Kasur

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved