Berita Bali

Prof. Ojat Rektor UT Isi Materi Kuliah Umum di Unmas tentang Digitalisasi Perguruan Tinggi

Prof. Ojat Rektor Universitas Terbuka isi materi kuliah umum di Unmas tentang digitalisasi perguruan tinggi.

Ist
Prof. Ojat Rektor UT Isi Materi Kuliah Umum di Unmas tentang Digitalisasi Perguruan Tinggi. 

TRIBUN-BALI.COM - Pada Jumat 25 November 2022 diadakan kuliah umum oleh Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan tema Digitalisasi Perguruan Tinggi: Kuliah umum ini dilaksanakan di Auditorium Ganesha, Universitas Maharaswati (Unmas), Denpasar.

Sebagai penyelenggara acara, kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor Unmas Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd.; Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H., M.H.; Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Nengah Landra, S.E., M.M.; Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama, I Komang Budiarta, S.Pd., M.Pd., M.Hum.; Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal, Drs. I Made Legawa, M.Si.; Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Ir. I Made Tamba, M.P.

Prof. Ojat memulai ulasan tentang bagaimana UT bisa eksis seperti sekarang ini, sebenarnya UT berproses, melalui tahapan panjang.

Diketahui pada awal berdiri, UT masih menggunakan korespondensi melalui pos.

Tentu dalam prakteknya ada banyak kendala karena sebaran mahasiswa yang luas.

Misal dalam hal alamat mahasiswa yang tidak ter up date.

Berbagai kendala yang dialami UT saat itu, membuat banyak yang tidak percaya dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) UT.

Sejalan bersamaan waktu, student engagement  UT dan dosen/tutorial dalam proses pembelajaran makin membaik saat ini.

Diketahui bahwa karakteristik geografis mahasiswa di berbagai wilayah sangatlah bervariasi, bahkan banyak yang berada di remote area atau 3T dimana akses internet kadang terkendala.

Baca juga: Tak Ingin Asal-Asalan, Rektor Universitas Terbuka Bantu Implementasi Pembelajaran Online di Unmas

Untuk area yang tidak terakses internet, UT saat ini menerapkan kebijakan wajib beli Buku Materi Pokok (BMP) sehingga bahan ajar cetak dikirim sampai ke alamat masing-masing mahasiswa.

Lanjut Pak Rektor,  banyak juga yang mempertanyakan khususnya bagaimana menjaga kualitas akademik.

Ditegaskan oleh Prof. Ojat, secara keseluruhan UT terus menjaga kualitas pembelajaran dan telah berkolaborasi dengan banyak Perguruan Tinggi (PT) ternama di Indonesia untuk pengembangan bahan dan proses pembelajaran.

Delivery proses pembelajaran yang berkualitas menjadi hal yang pentig dalam PJJ. Ini untuk menghindari terjadinya learning loss dalam online learning sebagaimana diungkap oleh Mas Menteri pada saat Pandemi Covid 19.

"Rata-rata berupa emergency remote teaching lah yang disampaikan secara online saat pandemi oleh sebagian besar PT," sampai Prof. Ojat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved