Porprov Bali

Meskipun Stay di Peringkat 7 Porprov Bali 2022, Raihan Medali Kontingen Jembrana Naik 24 Keping

Raihan Medali Kontingen Jembrana Naik 24 Keping, Meskipun Stay di Peringkat 7 Porprov Bali 2022

Tribun Bali/ I Made Prasetia
Raihan Medali Kontingen Jembrana Naik 24 Keping 

NEGARA, TRIBUN BALI - Kontingen Kabupaten Jembrana harus berpuas diri tetap berada di posisi 7 pada pelaksanaan Porprov Bali XV 2022. Meskipun secara peringkat masih tetap sama, namun para atlet Jembrana menunjukkan peningkatan prestasi. Sebab, raihan medali pada tahun ini mencapai 102 keping dari sebelumnya hanya 78 medali. Artinya, ada kenaikam signifikan jika dihitung dari jumlah medali dan prestasi atlet. Kemudian untuk bonus peraih medali telah dianggarkan tahun depan, 2023. 

Menurut data yang diperoleh, total 102 medali tersebut rinciannya 17 medali emas, 28 medali perak dan 57 medali perunggu. Sedangkan pada Porprov sebelumnya, Jembrana hanya berhasil membawa pulang 78 medali saja. Rinciannya, 11 medali emas, 21 medali perak dan 46 medali perunggu. Artinya ada kenaikan 24 medali pada perhelatan kali ini. 

"Kita tetap di peringkat 7 tahun ini. Tapi ada peningkatan yang signifikan pada capaian medali. Terutama emas yang naik lagi 6 keping. Begitu juga dengan perak dan perunggu," kata Wakil Ketua KONI Jembrana, I Putu Adi Paramartha saat dikonfirmasi, Senin 28 November 2022. 

Menurut Putu Adi, peringkat yang diraih oleh atlet Jembrana tak jadi masalah. Sebab, raihan atau capaian prestasi dari atlet sudah sangat jauh meningkat. Sehingga, sangat patut diapresiasi.

"Perkembangan prestasi selama 3 tahun terakhir cukup meningkat walaupun dalam suasana Pandemi dan dengan persiapan yang cukup minim. Namun demikian peningkatan prestasi atlet-atlet kita belum mampu melampaui peningkatan prestasi atlet-atlet kabupaten lain. Itu karena prestasi kabupaten lain ternyata meningkat juga," jelasnya.

"Secara umum, semua meningkat. Tapi kita terlihat atau terkesan stagnan. Padahal prestasi meningkat," imbuhnya. 

Disinggung mengenai evaluasi dari kualitas atlet pada pelaksanaan Porprov 2022 ini, Putu Adi mengakui telah melakukan pemetaan masalah dan peluang-peluang untuk mempertaham menyambut Porprov Bali selanjutnya. Strategi baru akan diterapkan apda perhelatan selanjutnya, apalagi masih memiliki waktu yang cukup panjang. Terutama cabang olahraga ( cabor) yang memiliki nomor banyak harus menjadi bidikan Jembrana kedepan. 

"Termasuk juga pembinaan pada usia dini harus ditingkatkan. Meskipun itu ranah di Disdikpora melalui Porjar, itu secara tidak langsung berpengaruh juga karena bibit atlet terbentuk di sana," tegasnya.


Bonus Atlet Dianggarkan di 2023

Wakil Ketua KONI Jembrana, I Putu Adi Paramartha mengakui, untuk bonus atlet peraih medali pada Porprov Bali 2022 telah dibahas dan dianggarkan pada APBD Induk 2023 mendatang. Pihaknya berharap, awal tahun depan atlet berprestasi akan segera mendapat reward tersebut. 

"Seemoga bisa segera cair agar atlet kita yang berprestasi segera mendapat reward. Mungkin awal tahun lah ya," ungkapnya.

Disinggung mengenai capaian cabor yang berprestasi tahun ini, Putu Adi menyebutkan sumbangan medali emas terbanyak untuk Jembrana datang dari cabor panjat tebing. 

"Dapat 5 emas di Panjat Tebing," tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved