Kebakaran Pasar Mengwi

17 Pemilik Kios Yang Terbakar di Pasar Mengwi Akan Diberikan Stimulus, Paling Besar Rp 100 Juta

Sebanyak 17 pemilik kios yang terbakar di Pasar Mengwi akan diberikan stimulus, nominalnya pun bervariasi, paling besar Rp 100 Juta.

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Kobaran api terlihat dari atap gedung Pasar Desa Adat Mengwi saat terbakar pada Selasa 29 November 2022 malam - Sebanyak 17 pemilik kios yang terbakar di Pasar Mengwi akan diberikan stimulus, nominalnya pun bervariasi, paling besar Rp 100 Juta. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemilik kios yang menjadi korban kebakaran di Pasar Desa Adat Mengwi, Kabupaten Badung akan mendapatkan stimulan dari pemerintah setempat. Bantuan ini rencananya akan diserahkan Sabtu, 3 November 2022 besok.

Bahkan penyerahan bantuan stimulu itu pun rencananya langsung diserahkan oleh Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. Hanya saja untuk besaran bantuan bervariasi bergantung pada jumlah kerugian.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, I Wayan Darma, saat dikonfirmasi Jumat 2 Desember 2022 membenarkan pemkab Badung akan memeberikan stimulus kepada korban. Bahkan pihaknya akan melakukan penyerahan stimulan kepada korban kebakaran Pasar Mengwi sabtu besok

"Iya rencananya Sabtu besok akan diserahkan stimulan korban bencana oleh Bapak Bupati Badung. Rencana awal akan diserahkan pukul 11:00 Wita," ungkapnya.

Menurutnya, terdapat 17 orang pemilik kios yang diberikan stimulan dari 57 kios yang terbakar. Besaran bantuan yang diberikan pun beragam dari Rp 8 Juta hingga Rp 100 Juta.

"Ada 17 pemilik yang mendapatkan stimulan besok. Sejatinya 17 pemilik ini merupakan pemillik dari 57 kios yang terbakar, jadi satu orang memiliki lebih dari satu kios, sehingga kerugian satu orang lumayan besar," jelasnya.

Bantuan yang diberikan, diharapkan dapat membangun usahanya kembali, sehingga dapat beraktifitas seperti sediakala. Bahkan rencananya korban akan dibuatkan los di sebelah barat pasar.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa stimulus yang diberikan besaranya bervariasi, tergantung jenis dan jumlah dagangannya. Besaran stimulus yang diberikan pun paling tingggi itu Rp 100 juta, namun hanya satu orang yang dapat bantuan Rp 8 Juta.

"Kami berharap bantuan yang diberikan dimanfaatkan untuk melanjutkan usahanya," katanya.

Baca juga: BREAKING NEWS! Pasar Mengwi Badung Terbakar, Belum Diketahui Penyebab Pastinya!

Sebelumnya, Bendesa Adat Mengwi, Anak Agung Gelgel saat telah menyiapkan tempat, yakni akan memanfaatkan pelataran parkir di sebelah Barat pasar. Sementara, untuk perbaikan akan dilakukan di 2023.

"Kami akan alokasikan 16 pedagang di depan parkir sebelat Barat. Mudah-mudah mereka bisa beraktivitas kembali. Untuk perbaikan akan dilakukan segera paling tidak awal 2023 sudah bisa, tentunya dengan dukungan pemerintah," ujarnya.

Untuk diketahui, Pasar Desa Adat Mengwi, Kabupaten Badung, Bali yang terbakar pada Selasa 29 November 2022 malam, kini hanya meninggalkan puing-puing bangunan pada bagian kios lantai dua. Bahkan dari hasil pendataan sementara ditaksir kebakaran hebat itu pun mengakibatkan kerugian mencapai Rp 4 Miliar.

Padalnya ada puluhan kios yang menjual kain terbakar. Satu pun barang dagangan milik warga tidak tersisa, namun syukurnya tidak semua dilalap si jago merah, karena api cepat dipadamkan oleh Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung.

Ketua Regu Damkar Badung Komang Guna, Seijin Kadis Damkar Badung Wayan Wirya yang dikonfirmasi Rabu 30 November 2022 pagi, mengakui kerugian ditaksir sampai miliaran. Dari pendataan awal kerugian mencapai Rp 4 Miliar.

"Karena puluhan kios terbakar, jadi total kerugian Rp 4 Miliar, mulai dari bangunan dan barang dagangan warga," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved