Berita Denpasar

Pemkot Denpasar Rencanakan Pembangunan SMPN 16 Denpasar, Akomodir Blank Spot di Denpasar Selatan

Pemkot Denpasar Rencanakan Pembangunan SMPN 16 Denpasar, Akomodir Blank Spot di Denpasar Selatan

Tribun Bali/ Ida Bagus Putu Mahendra
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Sebut akan membangun SMPN 16 Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar berencana membangun SMP Negeri 16 pada tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat ditemui Tribun Bali usai menghadiri pelantikan PPK Pemilu 2024 di Kantor KPU Bali pada Senin 2 Januari 2023.

Pembangunan SMPN 16 Denpasar merupakan resolusi baru Pemerintah Kota Denpasar di Tahun 2023.

Selain itu, pembangunan SMPN 16 Denpasar juga sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Denpasar dalam memajukan bidang pendidikan dengan mengcover sejumlah area yang dianggap blank spot bagi zonasi SMP.

Nantinya, SMPN 16 Denpasar akan meliputi sejumlah area yakni Kelurahan Panjer, Kelurahan Renon, dan Desa Sidakarya.

“Kami targetkan tambahan 1 SMP baru lagi di tahun 2023 yaitu SMP 16. Itu kami akan cover daerah Panjer, Renon, Sidakarya. Itu akan kami masukkan menjadi zona SMP 16 ini,” ungkap Arya Wibawa.

Arya Wibawa menjelaskan, pembangunan SMPN 16 Denpasar memiliki peran yang strategis.

Pasalnya, siswa yang akan memasuki masa SMP dengan domisili daerah blank spot, memiliki jarak yang cukup jauh antara SMP terdekat dengan tempat tinggalnya.

“Karena memang sistem zonasi, di titik Panjer, Renon, dan Sidakarya, kalau istilahnya blank spot. Blank spot itu, Mereka dari titik-titik terdekat SMP yang ada, mereka serba jauh,” tambah Wakil Wali Kota Denpasar itu.

Lebih lanjut, Arya Wibawa menjelaskan, kemungkinan di tahun 2023, SMPN 16 Denpasar mulai merekrut siswa baru.

Kendati masih dalam proses pembangunan, nantinya siswa yang terdaftar di SMPN 16 akan melakukan proses belajar di salah satu sekolah dasar di Kelurahan Panjer. 

“Mungkin tahun ini sudah mulai merekrut siswa, dengan sambil berjalan pembangunan SMPN 16 (Denpasar). Kita titip di salah satu SD di Kelurahan Panjer. Kita akan titipkan disana mereka belajar selama 1 semester,” ujarnya.

Di akhir, I Kadek Agus Arya Wibawa menambahkan, selain membangun SMPN 16 Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar juga akan membangun SMPN 17 Denpasar.

SMP baru yang direncanakan mulai dibangun pada tahun 2024 itu akan mengakomodir blank spot di wilayah Denpasar Timur yakni Kelurahan Penatih dan sekitarnya.

“Sebenarnya ada lagi satu blank spot yang belum kita jadikan PR itu di kawasan timur, daerah Penatih. Belum tahun ini. Tapi tahun ini kita akan wujudkan SMP 16.”

“Astungkara tahun 2024 akan kita bangun SMP 17 di kawasan blank spot yang tadi saya sebutkan,” pungkas Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved