Berita Bangli

Perumda Tirta Danu Arta Lakukan Uji Sampel Air Minum Pelanggan

Perusahaan Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli melakukan pengambilan sampel air minum ke sejumlah kediaman pelanggan.

ist
Petugas Perumda Tirta Danu Arta saat mengambil sampel air dari rumah pelanggan. Kamis (19/1/2023) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Perusahaan Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli melakukan pengambilan sampel air minum ke sejumlah kediaman pelanggan. Air tersebut selanjutnya akan di uji lab, untuk mengetahui kandungan yang berada di air.

Kabag Perencanaan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta, I Wayan Gunawan menjelaskan, tujuan dilakukan uji lab ini adalah untuk menjamin kulitas air yang didistribusikan ke pelanggan atau konsumen. Uji lab ini dilakukan secara berkala setiap bulan dan secara detail setiap tiga bulan.

"Untuk uji sampel air dilakukan di Labkesmas Gianyar dan Denpasar," ungkapnya Kamis (19/1/2023).

Diungkapkan pula, pengambilan sampel dilakukan secara acak dari rumah pelanggan, di empat titik. Satu sampel ini mewakili 5000 pelanggan, yang mana total pelanggan Perumda Tirta Danu Arta tercatat sebanyak 21 ribu.

Perumda Tirta Danu Arta Lakukan Uji Sampel Air Minum Pelanggan
Perumda Tirta Danu Arta Lakukan Uji Sampel Air Minum Pelanggan

Wayan Gunawan mengatakan hasil uji lab ini akan keluar dalam beberapa hari kedepan. Hasil uji lab menunjukan kualitas air. Salah satunya untuk mengetahui apakah kandungan bakteri e.coli di dalam air melebihi ambang batas. 

"Jika hasil uji lab air menunjukan adanya kandungan bakteri atau partikel yang berbahaya bagi kesehatan, tentu akan dilakukan penanganan," ungkapnya.

Ditambahkan pula, sesuai hasil uji lab yang telah dilakukan sebelumnya, kualitas air yang didistribusikan Perumda Tirta Danu Arta sudah sesuai standar. "Selain melakukan uji lab, kami juga melakukan perawatan di tempat penampungan air, serta menjaga sumber-sumber air yang dimanfaatkan Perumda," tandasnya (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved