Pangdam Udayana Tegaskan Anggota Netral Saat Pemilu

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menegaskan anggotanya akan bersikap netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pangdam Udayana Tegaskan Anggota Netral Saat Pemilu
Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, seusai melaksanakan kegiatan serah terima jabatan Komandan Yonif Raider 900/SBW, Senin (25/2/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menegaskan anggotanya akan bersikap netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Demikian ia sampaikan saat menghadiri serah terima jabatan Komandan Yonif Raider 900/SBW, Senin (25/2/2019).

Disebutkan Benny, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, TNI mengemban tugas melakukan perbantuan kepada pemerintah daerah, termasuk dalam perhelatan Pemilu.

Untuk itu, pihaknya pun sebut Benny telah bersinergi baik dengan perangkat kepolisian, maupun KPU dan Bawaslu untuk mensukseskan jalannya Pemilihan Presiden maupun Legislatif.

"Komitmen pimpinan TNI dari atas sampai bawah jelas netralitas. Untuk itu pimpinan TNI telah membuat garis-garis pedoman dalam proses netralitas kami. Dari mulai apa yang kami lakukan, sampai dengan apa konsekuensi hukum yang akan kami dihadapi. Ini komitmen kuat dari seluruh pimpinan TNI" tegas Benny.

Bila saja ada salah satu anggota TNI yang terbukti melakukan tindakan yang tidak netral, Benny berharap kepada masyarakat untuk segera melaporkannya.

"Jangan takut untuk dilaporkan. Namun masyarakat juga kami minta untuk bijak dalam berkomentar atau memberikan penilaian terhadap kami karena kadang-kadan saja ada prajurit yang mungkin saja salah tanpa disadari. Tegur dia, ingatkan dia. Saya titipkan prajurit saya kepada masyarakat Bali," jelasnya.

Terkait pelantikan, tongkat komando Komandan Yonif Raider 900/SBW, kini telah diserahkan kepada Letnan Kolonel Inf Danang Prasetyo Wibowo, dari yang sebelumnya dijabat oleh Letnan Kolonel Inf Toni Sri Hartanto.

Dikatakan Benny, pergeseran jabatan ini merupakan mekanisme organisasi, sekaligus untuk kebutuhan karir.

"Satuan Raidier ini adalah satuan andalan Kodam IX/Udayana, dilengkapi dengan kemampuan yang lebih. Oleh karena itu tuntutan mereka harus lebih dari pada satuan-satuan yang bukan Raider," tutupnya. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved