Kenalkan Budaya Bali Sejak Dini, PAUD Kumara Bhuana II Ajak Siswanya Ngelawang

Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kumara Bhuana II selenggarakan ngelawang bersama para siswa-siswinya pada Jumat (1/3/2019) pagi.

Kenalkan Budaya Bali Sejak Dini, PAUD Kumara Bhuana II Ajak Siswanya Ngelawang
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Anak-anak dari Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ngelawang dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi di seputaran Jalan Antasura, Peguyangan, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Jumat (1/3/2019) pagi. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kumara Bhuana II selenggarakan ngelawang bersama para siswa-siswinya pada Jumat (1/3/2019) pagi.

Ketika Tribun Bali sampai di lokasi sekolah yang berada di Jalan Antasura, Paguyangan, Denpasar Utara, Kota Denpasar sekitar pukul 07.50 Wita, anak-anak siswa PAUD sudah bersiap dengan peralatannya masing-masing.

Sekitar sepuluh orang anak terlihat bersiap akan mengangkat ogoh-ogoh mininya, sementara belasan lainnya sudah membawa alat musik berupa gamelan dan pentungan.

Sisanya ada yang bertugas menarikan barong, rangda dan topeng.

Ngelawang dilaksanakan dengan melintas di seputaran Jalan Antasura, mereka biasanya berhenti di depan sebuah warung, rumah atau pertokoan untuk menarikan barong, topeng, rangda serta ogoh-ogoh mininya.

Masyarakat nampak antusias melihat tradisi ngelawang yang dilakukan para anak-anak yang masih berada di usia dini itu. Sesekali anak-anak juga diajak untuk beristirahat jika sudah terlihat mulai lelah.

Tidak semua anak PAUD bisa ikut ngelawang ke jalan raya ini, bagi yang tidak ikut, mereka bisa menarikan ogoh-ogoh-nya di halaman sekolah yang disaksikan oleh orangtua yang hadir.

Kepala PAUD Kumara Bhuana II, Ni Wayan Ramini mengatakan, tujuan ngelawang yang dilaksanakan oleh pihaknya ini sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Bali yang telah diwariskan oleh nenek moyang supaya tidak punah.

“Makanya dari sejak anak usia dini kami melakukan kegiatan ngelawang,” kata Ramini saat dimintai keterangan usai kegiatan ngelawang berlangsung.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved