Hari Raya Nyepi

Henricus Tegaskan Netralitas TNI, Fenomena Demagooging dalam Tahun Politik dan Penghormatan Nyepi

Dibutuhkan kesadaran bagi seluruh prajurit untuk bisa menghormati saudara-saudara yang sedang melaksanakan perayaan hari Raya Nyepi tahun ini.

Henricus Tegaskan Netralitas TNI, Fenomena Demagooging dalam Tahun Politik dan Penghormatan Nyepi
Pen Lanal Denpasar
Kegiatan Jam Komandan bagi seluruh anggota Militer dan PNS Mako Lanal Denpasar, Senin (4/3/2019), kemarin yang dimulai pukul 08.00 WITA hingga 11.30 WITA bertempat di gedung Serbaguna IGP. Dwinda Mako Pangkalan TNI AL 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk membina dan melakukan pengawasan secara melekat dan terus-menerus agar semua personel baik militer maupun PNS selalu berdisiplin dan melaksanakan tugas dengan baik, maka merupakan tugas Komandan Satuan untuk menjalankan roda kepemimpinannya.

Salah satu waktu yang tepat untuk menyampaikan perintah maupun penekanan dari pimpinan adalah Jam Komandan

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan tugas termasuk kendalanya dan kondisi langsung para anggota.

Hal itu diwujudkan dalam kegiatan Jam Komandan bagi seluruh anggota militer dan PNS Mako Lanal Denpasar, Senin (4/3/2019), kemarin.

Baca: Terjadi Peristiwa Gawat Darurat saat Nyepi di Bali? Hubungi Nomor Ini

Baca: Surat Edaran Kemkominfo Keluar, Pemprov Bali Pastikan Internet Mati Pada saat Hari Raya Nyepi

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 Wita hingga 11.30 Wita bertempat di gedung Serbaguna IGP. Dwinda Mako Pangkalan TNI AL.

Adapun arahan langsung diberikan oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko.

Dia menyebut beberapa pengarahan, penekanan dan perhatian kepada seluruh anggota Lanal Denpasar, terkait Rapim TNI AL yang dilaksanakan di tingkat Mabesal di Jakarta beberapa hari lalu.

Danlanal meneruskan arahan dari Kasal yang menyampaikan bahwa kedudukan sebagai prajurit TNI AL dalam pemilu adalah netral.

"Loyalitas prajurit harus tegak lurus sesuai garis komando dan tingkatkan kepekaaan dan kecermatan intelijen serta antisipasi terhadap Fenomena Demagooging (pecah-belah) contohnya berita hoax yg selama ini terjadi," ucap dia sebagaimana siaran pers yang diterima Tribun Bali.

Di samping itu, beberapa hari lagi ada perayaan Hari Raya Nyepi.

Maka dari itu dia menyebutkan, dibutuhkan kesadaran bagi seluruh prajurit untuk bisa menghormati saudara-saudara yang sedang melaksanakan perayaan hari Raya Nyepi tahun ini.

Baca: Saat Nyepi, RSUP Sanglah Siagakan 7 Dokter Spesialis, 100 Residen dan 75 Perawat

Baca: 30 Ogoh-Ogoh Akan Diparadekan dalam MAC Festival, Berikut Harga Tiket Jika Ingin Nonton Lebih Dekat

Danlanal juga menekankan kepada seluruh anggota agar dalam menyikapi tahun politik, untuk tetap berpegang teguh pada netralitas TNI sesuai dengan perintah pimpinan TNI.

"Serta meningkatkan kewaspadaan menghadapi tahun politik, yaitu ikut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, waspadai adanya material maupun kendaraan dinas yang kemungkinan digunakan untuk kegiatan politik, serta Isu-isu yang berkembang, serta pemahaman tentang prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, dan latihan PHH dalam rangka Latpam Pemilu Legislatif dan Presiden 2019," jelasnya kepada puluhan anggota Lanal Denpasar.

Baca: DPD Organda Bali Minta Gubernur untuk Kaji Pembangunan Dua Jalan Short-Cut Denpasar-Singaraja

Baca: H-2 Nyepi Swalayan Tiara Dewata Dipadati Pengunjung

Dia melanjutkan, penekanan dari Wakasal pada saat kunjungan ke Mako Lanal Denpasar beberapa waktu yang lalu yaitu agar memanfaatkan dengan baik Yayasan Bhunyamca (Sosial), Yayasan Nala (Pendidikan), dan Yayasan Hang Tuah (Pendidikan) untuk kesejahteraan anggota dan bagi Putra/Putri TNI AL serta pola pembinaan kekuatan Personel Lanal meliputi Jiwa, Rohani dan fisik.

Selain menyampaikan pesan, Danlanal juga memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk bertanya, memberikan saran, usul dan masukan kepada Danlanal untuk kebaikan dan kemajuan bagi Pangkalan TNI AL Denpasar ke depan. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved