Hari Raya Nyepi

Puncak Arus Mudik Nyepi Terjadi Hari Ini, ASDP Gilimanuk Buka 5 Tol Guide Antisipasi Kemacetan

Puncak arus mudik jelang Hari Raya Nyepi 2019 diprediksi terjadi H-2 hingga H-1 di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk

Puncak Arus Mudik Nyepi Terjadi Hari Ini, ASDP Gilimanuk Buka 5 Tol Guide Antisipasi Kemacetan
Tribun Bali/Noviana Windri
Terlihat penumpukan kendaraan roda dua di area Pelabuhan Gilimanuk H-1 jelang Hari Raya Nyepi, Jembrana, Bali, Rabu (6/3/2019) dini hari pukul 02.30 Wita. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Puncak arus mudik jelang Hari Raya Nyepi 2019 diprediksi terjadi H-2 hingga H-1 di Pelabuhan Gilimanuk.

Berdasarkan pantauan Tribun Bali, Rabu (6/3/2019) dini hari pukul 02.30 Wita, antrean kendaraan roda dua menumpuk sejauh 500 meter dari pos pemeriksaan STNK, sementara antrean kendaraan roda empat menumpuk sejauh 2 kilometer dari loket,

Manager Usaha ASPD Gilimanuk, Agus Suprianto memprediksi puncak arus mudik jelang Hari Raya Nyepi 2019 terjadi pada Selasa (5/3/2019) malam setelah magrib hingga Rabu (6/3/2019) malam nanti.

Baca: Bersih Pantai Kawasan TNBB Berhasil Kumpulkan 2 Ton Sampah Plastik hingga Styrofoam

Baca: Ahmad Dhani Tuliskan Curhat Pilu Kepada El Rumi Yang Berada di Inggris, Ini Alasannya Menangis

"Perlu kami sampaikan bahwa stagnasi kendaraan roda dua dan roda empat H-2 di Pelabuhan Gilimanuk dimulai sekitar sore habis magrib sampai dengan sekarang (Rabu dini hari tadi) pukul 03.30 Wita masih kondisi seperti ini,"

"Di sini sistem pelayanan kami bekerja dengan baik, namun memang luar biasa sekali arus mudik dalam rangka Hari Raya Nyepi ini. Jadi kalau h-3 kemarin diprediksi kendaraan itu cenderung berkurang dari tanggal 4 Maret 2018 dari pada tahun 2019 ini,"

"Inilah puncaknya dari arus mudik dalam rangka Hari Raya Nyepi. Kita lihat ini sampai jam berapa kita ikuti perkembangan bersama," ungkapnya saat ditemui Tribun Bali di area Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Rabu (5/3/2019).

Baca: 5 Menit Angin Puting Beliung Terjang Dalung, Genteng Rumah Warga Berhamburan, Pelinggih Rusak

Baca: Siapkan dan Pakai Sound System Saat Pengarakan Ogoh-ogoh, Penanggung Jawab Akan Disidang

Pihaknya menyebutkan, antisipasi puncak arus mudik yakni dengan membuka 5 tol guide untuk meningkatkan pelayanan dan mendatangkan EDC (Electronic Data Capture) yang berfungsi untuk memudahkan transaksi pembayaran penyeberangan.

"Kami mengoptimalkan pelayanan dengan membuka 5 tol guide di loket kendaraan. Kami juga lagi mendatangkan EDC atau Electronic Data Capture dari Pelabuhan Ketapang supaya proses transaksi dari e-ticketing ini berjalan lancar. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat dalam rangka mudik Hari Raya Nyepi," ucapnya.

Selain itu, pihaknya menyebutkan H-3 jelang Hari Raya Nyepi atau pada Senin (4/3/2019) lalu terjadi peningkatan jumlah penumpang orang.

Baca: Ayah Dari Anaknya Ternyata Bukan Denny Sumargo, DJ Verny Hassan Menangis di Instagram

Baca: Ramalan Zodiak Rabu 6 Maret 2019: Gemini Jangan Menyesal, Taurus Hilang Kontrol!

Sementara, H-2 jelang Hari Raya Nyepi pada Selasa (5/3/2019) kemarin, terjadi peningkatan pada jumlah kendaraan roda dua dan roda empat.

"Kalau H-3 kemarin yang meningkat itu penumpangnya, kalau kendaraannya belum. Sekarang (kemarin) ini H-2 jelang Hari Raya Nyepi secara visual peningkatan roda dua dan roda empat sangat luar biasa kalau kemarin belum seberapa," ujarnya.

Diimbau kepada masyarakat agar menyiapkan e-money jauh-jauh hari dan pastikan saldo mencukupi agar mempermudah dan mempercepat dalam proses transaksi di Pelabuhan Gilimanuk.(*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved